Langsung ke konten utama

Postingan

Sebuah Pekerjaan, Sebuah Perjalanan : Bagian 3. Sebuah Kejujuran dan Keinginan

Ini merupakan cerita ketiga gw ketika gw di Lombok, gw lupa untuk tanggal pastinya. Yang jelas ini cerita gw lapi inspeksi lahan petani.
Sedikit cerita tentang pekerjaan gw sebagai fasilitator pertanian organik, gw bakalan jabarin garis besarnya aja yah. Jadi kerjaan gw itu ngasih materi tentang pertanian organik. Mulai dari pengertian pertanian organik itu apa, landasan hukumnya apa, standar atau aturan dasarnya untuk bisa dapet sertifikasi apa aja. Selain itu tugas gw juga memastikan kalo semua persyaratan untuk bisa di sertifikasi dijalankan sama-sama bapak petani nya.
Postingan terbaru

Sebuah Pekerjaan, Sebuah Perjalanan : Bagian 2. Sebuah Kesederhanaan

Sebuah Pekerjaan, Sebuah Pembelajaran : Bagian 1. Sebuah Awalan

Sudah lama rasanya engga menulis di blog ini, memang tadinya ada niatan untuk meninggalkan blog ini dan pindah nulis di tumblr. Tapi sayangnya tumblr sekarang di blok sama pemerintah karena banyak berisi konten negatif nya -__- padahal mah orangnya aja yang negatif itu mah
Oke cukup bahas tumblrnya. Sedikit cerita, sekarang ini gw sudah lulus kuliah. Udah agak lama juga sih lulusnya tapi sampai sekarang gw belum berkesempatan

Rekam Jejak

Setelah sekian lama, akhirnya gw menyempatkan untuk melihat isi blog ini. Blog yang seengganya udah gw tulis dari zaman SMA dulu. Zaman-zaman ketika gw masih bisa di bilang setengah alay (sekarang jadi alay sepenuhnya ahaha)
Bener-bener engga kerasa, dulu pas lagi rajin nulis ini tuh gw masih anggota paling di PPRPG Satya-Soedirman, sedangkan sekarang menjadi mahasiswa paling tua di kampus ahaha menyebalkan. Ngomongin soal SS, banyak banget yang sudah berkembang. Angkatan Banyu Karikil udah semua lulus kuliah kecuali gw -__- tapi alhamdulillah gw bersyukur mereka udah pada lulus dan menemukan jalannya masing-masing. Gw cuma bisa berdoa yang terbaik buat mereka. Amiiiin
Dulu pas SMA pengen buru-buru kuliah, tapi setelah kuliah engga jarang pengen balik lagi SMA. Percaya deh, masa SMA itu masa yang paling menyenangkan ahaha. Banyak cerita yang terjadi pas SMA. Mulai pacaran sama si A, galau karena si B, seneng-seneng di rumah si C, pdkt sama si D, jadiannya sama si E, tapi sayang nya s…

Bawa Aku Pulang, Rindu! (Cerita Perjalanan Susur Pantai Sancang)

Waktu telah cepat berlalu, sudah berapa lama ga pernah nulis di blog ini. Menceritakan sebuah cerita, pemikiran ataupun apa yang gw rasakan. Entah karena gw nya yang kehabisan ide untuk menulis, entah emang karena engga ada cerita yang menarik, entah karena gw engga punya waktu untuk bercerita di sini. Sekarang gw pengen menuliskan sebuah cerita perjalanan yang baru-baru ini gw lakukan bareng-bareng sama PPRPG Satya Soedirman.
Prolog Kamis, 4 Juni 2014 gw masih berkeliaran di kampus tercinta. Melakukan hal-hal yang sudah menjadi rutinitas gw sebagai mahasiswa tingkat akhir. Yaa mahasiswa tingkat akhir (Gabut parah) hehe. Siang ini gw masih ragu apakah bakalan ikut sama saudara-saudara PPRPG SS. Mereka udah ngajak dari jauh-jauh hari untuk jalan ke Pantai Sancang atau lebih dikenal dengan Leuweung Sancang. Sempet agak males ikut karena hati dan mood gw lagi kacau banget. Ada sesuatu yang membuat gw kecewa akhir-akhir ini di kampus, takutnya kepikiran dan bikin gw ga menikmati perjalanan.…

Tertutup Asap

Mengacu pada PP No. 04 Tahun 2001 pasal 17 dijelaskan bahwa penanggulangan kebakaran lahan tidak berlaku bagi masyarakat adat atau tradisional. Dengan demikian masyarakat adat diperbolehkan membuka lahan dengan cara membakar dengan catatan luas lahan yang dibakar tidak lebih dari 2 Ha serta tidak diperkenankan sampai membakar lahan yang bukan miliknya. Namun, sangat disayangkan terkadang banyak oknum-oknum masyarakat yang menyatakan dirinya sebagai masyarakat adat sehingga mereka membuka lahan dengan cara dibakar dan luas lahan yang dibakar lebih dari 2 Ha.
Hal seperti diataslah yang kini sedang terjadi di tengah-tengah kemelutnya kebakaran hutan di Riau. Dimana di Riau banyak masyarakat yang membakar lahan dan mengatasnamakan dirinya sebagai “masyrakat adat” namun luas lahan yang dibakar lebih dari 2 Ha, seorang bisa memiliki lahan seluas 5-10 Ha, bahkan bisa sampai 100-200 Ha. Selain itu, tidak sedikit pelaku pembakaran mengaku sebagai masyarakat kecil dan melakukan pembakaran lahan…

Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah

Perhimpunan Penempuh Rimba Pendaki Gunung Satya Soedirman atau biasa disingkat PPRPG Satya Soedirman. Nama yang menurut saya sangat gagah. Bagaimana tidak gagah, orang-orang yang biasa menempuh rimba dan mendaki gunung selalu identic dengan orang-orang yang kuat. Di tambah dengan kata Soedirman, seorang jenderal besar bagi bangsa ini, siapa yang tidak tahu kisah perjuangan Jenderal Soedirman.
Nama PPRPG Satya Soedirman ini merupakan nama yang amat sangat saya banggakan di kehidupan sehari-hari saya. Bangga karena saya adalah salah satu anggota nya. Saya anggota PPRPG Satya Soedirman angkatan 29 Banyu Karikil dengan nama lapang Lele. Saya lulus menjadi anggota setelah melewati serangkaian proses yang panjang. Memang tidak mudah menjadi bagian dari keluarga besar PPRPG Satya Soedirman.
Suatu hari, sekitar seminggu yang lalu ditengah hiruk-pikuknya kegiatan di kampus, saya mendapatkan selentingan kabar yang membuat saya cukup terkejut.