Langsung ke konten utama

4. Fadlia Pari (Docin)                      / Nass : 880333/BK
5. Tegar P. K (Lele)                       / Nass : 880337/BK
6. Agra Andhyka C. (Pecmen)       / Nass : 880339/BK
7. Nurul Hafsari (non SS)

Gn. Ciremai, ini adalah gunung pertama yang kami daki di tahun 2010. setelah sekian lama terjebak dengan berbagai macam ujian, akhirnya pada tanggal 1 april kami berangkat. Gn. Ciremai memiliki 3 jalur pendakian. yaitu Linggarjati, Palutungan, dan Apuy.
pendakian kali ini cukup berat, dikarenakan Gn. Ciremai itu sulit air kecuali jalur Palutungan masih ada air tapi itupun di pos Cigowong atau pos pertama. karena sulit air jadi satu orang membawa air minimal 5liter, dan untuk air kelompok membawa 4 jerigen air.
ini adalah catatan perjalanan yang kami lakukan.

Kamis, 01 April 2010

06.00
Semua anggota pendakian kumpul di sempur ada adam, ncek, faran, day. nunuy ga datang. semua pada jogging. latihan fisik buat naik ke ciremai

08.00
latihan beres, semuanya pulang kerumah masing masing buat packing

15.03
kumpul di gang selot, semua anggota pendakian masih riweuh ngelengkapin barang barang

16.40
kita semua berangkat dari bogor. rencananya kita mau naik kereta Bengawan yang berangkat dari St.Tanah Abang. tapi ternyata kereta ke St.Tanah Abang dati St.Bogor kalo sore udah ga ada terpaksa kita turun di St. Manggarai trus nyambung ke tanah abang. tiket kereta ke manggarai Rp 2.000

18.21
sampai di manggarai. ternyata ga sempat ke tanah abang jadi kita beli tiket Bengawan di manggarai. sialnya lagi kereta Bengawan sudah penuh jadi kami berdelapan dengan tas tas besar kami terpaksa berdiri dari jakarta sampai cirebon. uhh
tiket kereta Bengawan @ Rp 28.000

19.50
akhirnya kita berangkat dari Manggarai menuju Cirebon, setelah sekian lama cuti naik gunung sekarang udah mau naik lagi. tapi sampai di dalam kereta, kereta penuh parah separah parahnya. niat duduk di lorong ga bisa soalnya bener bener udah penuh. kalo berdirinya masih enak atau berdiri normal gapapa deh. ini mah geser kaki aja udah ga bisa. doni kejepit deket pintu masuk gerbong, deni meluk kursi, gio dengan hitamnya berdiri tegap, agra duduk coba di lantai gerbong, duduk diatas daypack. manda sama nunuy ikut duduk sama penumpang yang dapet kursi kalo pari, dia duduk sendirian di kursi. udah kaya dapet tiket tempat duduk aja.
kereta jahanam itu panas dan sumpek parah akhirnya menimbulkan korban 2 orang pingsan. 1 orang pingsan deket deni. satu lagi deket pintu gerbong.

Jumat, 02 April 2010

00.20
Stasiun Cirebon. ahaha sampai juga di Cirebon setelah merasakan kereta jahanam, kereta yang lebih parah dari kereta hantu manggarai.
pelajaran pertama : kalo mau naik kereta ekonomi ke luar kota, jam berapapun berangkatnya beli tiketnya pagi jam6 kalo bisa soalnya tiket ekonomi tuh dijual dari pagi.
sampai di cirebon, kita lansung di jemput sama POLHUT TNGC loh. kenalan Bapaknya Deni.
malam itu ada 2 polhut yang jemput,Pak Kris sama satu lagi siapa teh, lupa. maaf ya pak. kita di jemput pake mobil patroli. langsung menuju basecamp pendakian. ditengah jalan kita ditraktir nasi goreng sama pak kris. kan rencana kita mau lewat linggarjati, dan kata pak kris lebih baik lewat palutungan. dan akhirnya kita lewat palutungan.

01.34
sampai di rumah dinas petugas TNGC, sekitar 100meter dari pos pendakian. kata pak kris kita disuruh tidur disitu dan besok ada petugas datang pagi pagi buat bantu bantu kita, soalnya pak kris sekarang mau pulang. rumahnya enak banget, kamar tidur 2, kamar mandi, mushola, tv, dapur. hahaha udah kaya nginep di penginapan.
makasi banyak pak. ahahaa. kelelahan disiksa di kereta akhirnnya kita semua tidur.

05.13
semua udah pada bangun dan salat, semua pada semangat. tapi kita harus nunggu petugas datang dulu.
petugas datang sekitar jam 7an. kita ngobrol banyak. dan dia nyaranin kita pake guide. karena keterbatasan dana akhirnya kita ga pake guide.

08.34
kita udah beres ngurus perijinan untuk ngedaki. retribusi @ RP 6.500
tapi kita ga langsung berangkat, kita nunggu di warung buat sarapan. agak lama soalnya warung nya baru masak.

10.05
START. yaaa, mulai sekarang cuma ada kaki untuk melangkah untuk sampai di tujuan
perjalanan pertama menuju pos Cigowong berupa ladang dan ada beberapa persimpangan. 1 jalan setapak satu lagi agak lebar unutk motor. tapi plang penunjuk nya sangat jelas.

12.32
POS 1 Cigowong, disini sumber air terakhir. kita isi semua jerigen dan beraaaat banget carriernya sekarang. uhh
disini kita sempet solat dulu. disini bisa buat banyak tenda

13.58
POS 2 Kuta. trek yang dilewatin cukup landai, hutan, dan belok belok. kaya trek gn. Gede via Cibodas. ada tanah lapang cukup untuk 1 tenda kapasitas 5 orang disini

14.48
POS 3 Pangguyangan Badak. trek masih sama. lumayan untuk camp

15.56
POS 4 Arban. suasana mulai agak gelap karena hutan cukup lebat dan udah sore. disini kita briefing camp disini atau di pos selanjutnya. setelah berbagai pertimbangan kita jalan lagi.

16.37
POS 5 Tanjakan Asoy. disini cukup luas buat camp. akhirnya kita buka camp disini di tanjakan cihuy kata agra mah.

18.32
tenda udah berdiri, cewe cewe ganti baju. dan pas gw lagi ganti sama deni, deni ngerasa gempa. agra juga ngerasa ada gempa. dan cukup lama kata deni.

20.13
semua siap siap tidur. setelah beberapa lama gw yang lagi telentang di dalam tenda ngerasa tanah goyang. ternyata bener ada gempa. kabut malam itu bener bener kabut deh. angin kencang. beberapa lama, gw denger suara pohon roboh. agak panik waktu itu. gw cuma berdoa supaya kita semua selamat. amin

22.01
ada pendaki baru datang dan buka tenda di sebelah.

Sabtu, 03 April 2010

05.37
semua udah pada bangun, salat subuh, masak dan sarapan.
hari ini kita mau kepuncak. rencananya kita cuma bawa daypack isinya air, nesting, flysheet, sama mie

09.00
START ke puncak. agak telat emang tapi kita semua ga buru buru ko. kita cuma pengen nikmatin semuanya. jalan mulai nanjak curam. cuaca berkabut. tebel parah kabutnya

11.30
Sampai di Simpang Apuy. ini pertemuan jalur antara jalur palutungan sama jalur apuy. sebelum sampai di sini tadi kita lewat POS 6 Pasanggrahan sama POS 7 Sang Hyang Ropoh.
jalur nanjak curam, batu batuan, tumbuhan mulai tumbuhan yang pendek pendek. cuaca masih berkabut. malah tambah parah

12.04
POS 8 Gua Walet. pos terakhir sebelum puncak. namanya gua walet, tapi ga liat gua ah disini. ahahaha

12.30
PUNCAK ! kita foto di bibir kawah, diharapkan hati hati disini. jatuh langsung ilang deh. sayang kabut disini tebel banget. ga bisa liat pemandangan. foto, bikin video akhirnya kita turun soalnya angin kencang, kabut. takut badai.
turun 300meter kita buka shelter dan masak mie.

13.57
Kita bener bener turun setelah masak mie.

16.10
POS tanjakan asoy. kita ngambil tenda, packing lagi dan sempet bercanda canda lama dulu disini.
rencana kita mau camp sekali lagi di Cigowong, yang ada airnya

17.57
sampai di POS Cigowong, langsung buka tenda, coba bikin api unggun tapi basah kayunya. masak masak, bercanda canda. tidur.

Minggu, 04 April 2010

06.30
bangun pada kesiangan, mungkin pada cape yaa.
pagi ini cerah banget beda kaya kemarin pagi pas mau kepuncak, kita semua kumpul depan tenda sambil masak masak.

08.49
semua udah siap jalan, udah pada packing dan siap menuju desa.

10.22
DESA. yaa kita semua selamat sampai desa. sampai lagi di pos pendakian palutungan.
sempet istirahat di warung sampai sore nunggu dijemput sama pak kris. karena pak kris bisa jemputnya jam5an

16.38
cuaca berubah, yang tadi pagi cerah tiba tiba jadi berkabut dan gerimis. akhirnya kita ke rumah dinas petugas TNGC lagi buat nunggu pak kris
dirumah kita ngobrol. suasana nya akrab banget waktu itu. hee

22.17
Pak Kris datang jemput. kita langsung siap siap berangkat, tapi mobil polhut kan mobil bak gtu, apa lagi malem ini hujan. akhirnya kita 8 orang berdesak desakan di dalam mobil.
kata pak kris kita ke balai TNGC dulu naik bis dari sana ke jakarta.

22.43
samapi di balai TNGC, kita naik bis yang jam 12 malam supaya sampai di jakarta pagi pagi pas udah terang
akhirnya kita tidur dulu di balai TNGC

Senin, 05 April 2010

00.34
Kita di bangunin pak kris, dan nunggu bis diluar.

01.18
Bis jurusan jakarta datang kita semua naik ga lupa bilang makasi sama pak kris. bis cirebon jakarta @ Rp. 45.000

06.09
Sampai di jakarta, macet banget jalan tol waktu itu. kita turun di jati bening. langsung nyambung bis yang ke kampung rambutan. bis kampung rambutan @ Rp 2.500

08.17
Sampai di Kampung Rambutan. langsung naik bis menuju Bogor, udah pada ga sabar sampai bogor. Bis Bogor @ Rp 7.000

10.43
Sampai di Terminal Baranangsiang. disini semua langsung pisah, Deni Manda ke kfc, Gio Pari langsung pulang naik 03, gw Agra Doni Nunuy naik angkot 06 mau ke selot dulu.

11.26
SELOT. yeaaaaa sukses semuanya. hahahaha

Alhamdulilah pendakian ini sukses tanpa ada kecelakaan atau hal hal yang tidak di inginkan.
setelah sampai ke rumah gw mikir "puncak gunung sebenernya hanya berupa cek point yang harus dilalui, finish point dari sebuah perjalanan adalah rumah"

terimakasih untuk :

ditulis oleh
LELE PPRPG SS
880337/BK

Postingan populer dari blog ini

Latihan Pertama

Minggu sore, gw akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan komunitas PARKOUR Bogor. wahahaha apalagi nih parkour? oke parkour adalah : "sebuah seni bergerak dan metode latihan natural yang bertujuan untuk membantu manusia bergerak dengan cepat, efisien, dan halus dengan hanya menggunakan tubuhnya untuk beradaptasi terhadap rintangan yang ada di lingkungannya.” dikutip dari bukansekedarloncatloncat.tumblr.com mungkin sebagian teman teman ada yang belum tau tentang parkour atau ga tau parkour itu kaya gimana. pernah nonton film "Yamakasi" atau "D-13" ga? tuh yang kaya gitu tu parkour teh. kalo ga pernah nonton filmya buka youtube aja deh yaa. hahaha dari film dan video yang bisa teman teman cari dan akhirnya

Pendakian Gn. Gede, 18 - 20 Mei 2012

Ketua Pendakian              : Tegar P.K /Lele/SS-880337-BK Anggota Pendakian         : 1. Prima (Donny)/Estep/SS-880329-BK 2. Denny R/Tonkhi/SS-880331 3. Amanda (Manda)/Lunidus/SS-880332-BK 4. Fadlia Pari/Docin/SS-880333-BK 5. Adam D/Kadek/SS-880339-BK 6. Iftikhor F (Ihor)/Mili/SS-880341-LF Prolog                 Setelah sekian lama gw ga pernah naik bareng sama anak anak PPRPG (Perhimpunan Penempuh Rimba Pendaki Gunung) Satya Soedirman, organisasi gw saat gw pas SMA, tepatnya tanggal 18 – 20 Mei 2012 kemarin kita naik bareng lagi. Heeem terakhir naik sama mereka, khususnya anak anak angkatan gw (Banyu Karikil) itu pas kita bareng bareng ke Ciremai. Tepatnya 2 tahun yang lalu. Sayaangnya, pendakian kali ini kita belum di kasih kesempatan untuk mendaki gunung seangkatan lagi. Meskipun ga seangkatan, seengganya pendakian kali ini bisa menjadikan obat penawar rindu gw nn’ Gw                                  Doni Deni                          Adam

Senandung Pagi Dewi Anjani

Halo semua, sudah lama ternyata gw engga nulis kelanjutan cerita pas kegiatan di Lombok, tepatnya desa Sajang. Tulisan ini bukan sambungan dari cerita sebelumnya. Ini merupakan cerita kunjungan gw, Ginanjar, Kak Lola, Apel, Kang Iqbal dan Zahra ke Lombok dalam rangka jadi relawan. Jadi relawan? Mungkin beberapa orang bakalan berpikir ko baru sekarang jadi relawannya? Yaa untuk berbuat baik engga ada kata telat toh. Selain itu, kita ke sini untuk membantu mengembalikan semangat anak-anak dan petani kopi di Desa Sajang ini. Sedikit cerita, jadi tim kami ini sudah berada di Lombok dari tanggal 16 dan memulai kegiatan tanggal 17 ke Lombok Utara dan selanjutnya kegiatan kami berfokus di daerah Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Gw sendiri baru merapat ke Lombok pada tanggal 22 Oktober 2018. Oh iya tim kami ini ada Ginanjar, mahasiswa dari Jogja yang sebelumnya memang sudah jadi relawan di Lombok ini ketika gempa mengguncang. Ada juga sepasang suami istri yang sangat mengisnpir