Langsung ke konten utama

Happy Anniversary 13th ATKI. Bropela Goes To Mt. Gede 2958mdpl (belum pake foto)

Sekali lagi gw dikasih kesempatan oleh Tuhan untuk berdiri di puncak gunung Gede. Gunung yang menurut gw indah dan nyantai banget untuk di daki. Ini merupakan ke 7 kalinya gw ke sini hahaha. Kali ini gw naik gunungnya bukan sama SS, tapi gw berangkat bareng sama Bropela ATKI.

Salah satu anggota Bropela ATKI merupakan temen baik gw, Brama. Kata dia pendakian ini merupakan momen kebangkitan Bropela dan sebuah pembuktian kalo Bropela itu bisa memberikan sesuatu untuk ATKI (kampusnya) pada saat ATKI ulang tahun. Jadi Bropela ini naik dengan misi membuat video dokumentasi pendakian dan mengibarkan spanduk selamat ulangtahun di puncak gede.

Anggota pendakian ini berjumlah 30 orang, kalo di hitung sama gw jadi 31 orang. Yang jadi coordinator dilapangan ada Brama dan Afe. Karena banyaknya orang yang ikut, gw ga bisa hafal semua nama-namanya (maaf banget) soalnya gw punya masalah dengan mengingat nama hehe. Nah langsung aja nih cerita pendakiaannya. Wakru yang gw catat disini cuma waktu perkiraan gw, untuk foto mungkin ntar nyusul

8 April 2011
Sekitar jam 10 malam, gw janjian sama Brama di terminal bis Baranangsiang. Brama bersama rombongannya dari Jakarta naik bis. Ternyata selain ada Brama, gw juga ketemu salah satu temen gw yang udah gw kenal sebelumnya, yaitu Japra. Ada hubungan apa gw sama Japra? Panjang deh ceritanya ahaha. Japra punya soulmate juga sama-sama gimbal namanya Akbar.

Kaget juga gw liat rombongan Bropela, soalnya gw ga pernah jalan naik gunung dengan anggota tim sebanyak ini. Gw pun langsung berkenalan sama mereka semua. Ya walau gw ga bisa mengingat semua nama tapi setidaknya gw udah berusaha untuk menjalin tali silaturahmi. Gw emang punya masalah kalo disuruh mengingat nama orang atau mengingat nama daerah.

Tanpa banyak basa-basi kita langsung berangkat menuju Cibodas. Dari Bogor kita menyewa angkutan bernama Elf yang kata orang banyak, supirnya ini memiliki skill mengemudi lebih baik daripada Michael Schumacer. 30 orang menggunakan 2 Elf. Otomatis angkutan ini penuh sesak sama orang dan barang bawaannya. Udah kaya mau mudik deh. Ya, tapi ini namanya perjuangan naik gunung.

Selama perjalanan menuju Cibodas gw sama sekali ga tidur. Padahal kemarin malemnya baru tidur jam 4 pagi dan bangun jam 8 pagi. Tapi sekarang gw sama sekali belum bisa tidur. Gw berpikir tidurnya ntar aja pas sampai di Green Ranger. Karena rencana berangkat naik itu baru ntar pagi-pagi sekitar jam 7. Jadi seengganya gw masih bisa tidur sebelum  naik.

9 April 2011
Ternyata apa yang gw pikirkan ga bisa jadi kenyataan. Sampai di Cibodas, tepatnya sampai di Green Ranger jam 1 malam itu suasananya rame banget (ya iyalah rame ada 30 orang) pada sibuk masing-masing. Ada yang cari jaket, ada yang masak air anget, ada yang sibuk nyiapin kameranya. Macem-macem deh. Lagi pada sibuk gitu tiba-tiba Bang Idhat Lubis (pendiri Green Ranger, kakak dari Alm. Idhan Lubis yang meninggal di Semeru bersama Soe Hok Gie) menginstruksikan agar ada 1 tim yang berjumlah 9 orang berangkat sekarang. Mungkin ada kaitannya sama masalah perijinan.

Niat gw untuk tidur sama sekali ga terealisasikan. Gw masuk ke dalam tim yang harus berangkat sekarang. Selain gw ada Japra dan soulmatenya Akbar (si duo gimbal) dan 6 orang lainnya yang gw lupa namanya (maaf, sekali lagi maaf). Brama yang menjabat sebagi ketua panitia acara ini harus stay di Green bersama Afe yang menjabat sebagai ketua umum Bropela untuk mengkondisikan anak-anak lainnya. Berangkatlah gw bersama 8 orang lainnya jam 3 pagi buta. Belum tidur, dingin, belum makan. Lengkap dah gw. Apalagi gw paling ga kuat sama dingin.

Jam 4 pagi kita sampai di pos Telaga Biru. Tadinya kita niat nunggu rombongan besar di pos Panyancangan tapi karena hampir semua orang ngedrop termasuk gw kita nunggunya di pos Telaga Biru aja. Ini juga merupakan saran dari Akbar, oh iya Akbar ini sudah berpengalaman mendaki gunung. Disini kita sempet bikin kopi dan coklat panas untuk menghangatkan diri dan perut, ya supaya ga masuk angin juga. Setelah itu semua pada tidur, sedangkan gw belum bisa tidur emang karena gw suka susah tidur. Akhirnya gw ngerokok sendirian, menahan dingin sambil nikmatin pagi buta di telaga biru, denger suara aliran sungai yang ada di sini. Ahhh sumpah gw suka banget suasana begini.

Selama gw sendirian ada beberapa anak-anak yang bangun terus tidur lagi. Ada beberapa orang pendaki juga yang lewat. Usut punya usut mereka adalah panitia dari pendakian massal berjumlah 150 orang. Dari rombongan panitia ini ada seseorang yang berhenti di Telaga Biru, namanya Bang Aries. Ternyata dia bukan bagian dari panitia acara pendakian massal tapi dia mendaki gunung ini secara solo. Wah gila keren banget, sampai sekarang gw belum berani untuk nyoba naik gunung secara solo. Semua barang di bawa sendiri, otomatis carriernya gede banget. Mungkin ukuran 100L carrier yang dia bawa.

Tadinya bang Aries mau nebeng sama panitia pendakian massal tapi Karena ketemu sama kita jadinya dia nebeng jalan sama kita. Orangnya baik banget dan ramah banget. Gw di buatkan teh manis dan mie rebus sama dia. Sekitar jam 6 anak-anak bangun dan gantian gw yang tidur, gw usahain tidur supaya badan lumayan fit untuk mendaki.

Sekitar jam 8 pagi gw bangun dari tidur gw yang panjang (panjang banget cuma 2 jam). Ternyata rombongan yang di bawah belum menampakan dirinya. Mungkin ada masalah sama perijinan lagi nih gara-gara ada pendakian massal 150 orang jadi agak repot juga kali ya. Menunggu dan menunggu, gw udah mulai ga sabar. Selama kita menunggu kerjaan kita ngegodain ataupun ngeledekin orang-orang yang lewat. Apalagi bang Aries, semangat banget deh dan dia doyan banget ketawa terbahak-bahak.

Jam 12 kurang rombongan yang lain sampai di Pos Telaga Biru. Ternyata benar mereka tertahan masalah ijin dulu karena ada pendakian massal ini. Huh agak ngeselin juga sih tapi yang penting jadi nih kita naik gunung ahahaha. Karena sudah masuk jam makan siang kita semua masak dulu disini. Ada yang masak nasi dan ada yang masak lauk pauknya berupa sosis, nugget, sarden dan mie goreng. Karena banyaknya perut yang bakal di isi kita mutusin untuk pake trash bag aja makannya. Trash bag yang masih baru kita robek sampi panjangnya maksimal, setelah itu makanan semuanya di gelar di atas trash bag. Jadi kaya ngeliwet gitu bedanya kita ga pake daun pisan melainkan pake trash bag ini. Soalnya kalo makan 30 orang pake piring masing-masing bakal repot ngebagiinnya. Mungkin agak menjijikan tapi ini baru namanya kebersamaan. Semua sudah siap di posisi makan masing-mansing ngitarin trash bagnya. Berdoa dan kita mulai makan, hebatnya dalam waktu kurang dalam 10 detik semuanya udah pada abis. Hahaha sadis juga nih.

Sekitar jam 2 siang kita mulai start jalan bareng. Posisi gw berada di belakang sebagi sweeper bareng sama Japra, Akbar dan Afe. Ahaha kenapa barengnya sama Japra dan Akbar terus soalnya gw ngerasa mereka sama kaya gw hobi becanda dan sama-sama bocor. Si Brama berjalan di depan sebagi leader rombongan. Ga lama jalan, kira-kira 45 menit lah kita sampai di Pos Panyancangan. Disini merupakan pertigaan jalur, ada yang jalur pendakian dan ada juga jalur untuk menuju Curug Cibereum. Menurut gw pendakian yang sesungguhnya baru mulai dari pos ini, soalnya tracknya udah ga dibuat tangga batu lagi kaya dari Cibodas sampai Panyancangan ini. Tracknya udah terbentuk oleh alam sendiri.

Sehabis pos Panyancangan ini ada pos Air Panas. Jarak dari pos Panyancangan samapi pos Air Panas ini merupakan jarak pos yang paling jauh. Gw gamau sampai harus kemaleman di antara pos Panyancangan dan pos Air Panas ini. Kalo bisa kita masuk pos Air Panas sebelum gelap. Soalnya gw pernah punya pengalaman ga enak di track antara Panyancangan dan Air Panas pas lagi gelap. Dan ada juga pengalaman buruk gw pas di Air Panas. Kita terus jalan mengikuti jalan setapak. Rada engap juga nafas gw. Udah lama banget gw ga olahraga, ngerokok sama begadang mulu lagi ahaha.

Meskipun cape, gw nikmatin banget semua ini. Pohon-pohon yang ada di kanan dan kiri track, udara segar yang masuk dalam paru-paru gw, kaki yang pegel dan punggung yang nahan beban. Asik parah, ini nih naik gunung ahahaha. Awalnya gw sweeper tapi sekarang gw malah udah nyusul beberapa orang. Mungkin karena terlalu bersemangat sampai akhirnya gw ketemu sama rombongan yang paling depan. Rombongan depan ini ada cewe-cewenya. Sekilas gw perhatiin semuanya sehat dan semuanya masih terlihat ceria. Dari dulu gw seneng banget kalo liat cewe-cewe yang berani naik gunung. Itu menunjukan mereka (cewe-cewe) itu bukan makhluk yang lemah dan berani keluar dari zona nyaman nya serta menghadapi semua resiko dari kegiatan ini.

Alhamdulillah hal yang paling gw pengen hindarin ga kejadian. Kita ga kemaleman sebelum Air Panas. Jam 5 kurang kita sampai di Air Panas. Melihat dari kondisi teman-teman yang lain, gw optimis banget kita ga akan terlalu malem sampai di pos Kandang Badak. Langsung aja kita nerusin perjalanan, sekitar 45 menit kita sampai di pos Kandang Batu. Kandang Batu ini merupakan satu pos sebelum pos Kandang Badak. Disini kita dapet info dari beberapa pendaki yang baru turun kalo di Kandang Badak udah ga ada lapak buat bikin tenda. Heeem ternyata pendakian massal yang 150 orang itu udah nge-take tempat duluan.

Setelah berunding dan bermusyawarah, diputuskan kita buka tenda di sini aja, di Kandang Batu. Semua langsung sibuk berkerja dan bergerak, soalnya kalo diem aja pasti badan bakal kedinginan. Setelah tenda semua sudah berdiri langsung pada gantian ganti baju. Sekarang waktunya masak-masak nih. Asik loh masak di gunung tuh. Malam mingguan di Kandang Batu, jauh dari hingar –bingar kota. Ya, kesempatan kaya gini tuh ga bisa di beli. Masak bareng, makan bareng, ngopi. Suasananya hangat dan akrab banget meskipun gw baru kenal mereka ga lebih dari sehari.

Malam semakin larut, yang lainnya udah ada yang mulai masuk tenda. Karena Gw, Akbar, dan Japra tim sorak-sorai, kita langsung aja menggoda tetangga sebelah. Di sebelah kita ada yang buka tenda juga. Iseng-iseng aja kita bertiga mampir ke tetangga. Oh iya bang Aries juga buka tenda di Kandang Batu ini. Kita ga ngegodain bang Aries soalnya dia lagi sibuk sendiri. Disini kita bertiga ketawa, ngbrol dan main kartu. Eh gatau kenapa tiba-tiba si Akbar menghilang bagai ninja hanya tersisa gw sama Japra.

10 April 2011

Udah ganti hari aja nih, jam setengah 1 malam tetangga pada mau tidur. Gw sama Japra pun niatnya mau tidur. Alangkah kagetnya gw sama Japra mendapati kenyataan kalo tenda udah penuh sesak. Ah tidurnya pada boros, pada ga di atur dulu sih supaya muat. Kita berdua pun melihat ke arah tenda bang Aries. Mungkin bang Aries mau menampung kita berdua. Emang bang aries baik banget, kita di ijinkan tidur bersama dia dan sempet makan dulu lagi. Jadi aja ga langsung tidur tapi makan dan nge-teh dulu ahaha. Sekitar jam 2 malam kita bertiga baru tidur.

Jam setengah 6 pagi anak-anak udah ada yang bangun. Mereka bersiap-siap untuk ke puncak gunung Gede. Sayang ga semua berangkat ke puncak. Hanya ada beberapa orang yang berangkat. Dari tendanya bang Aries gw denger Akbar nyariin gw sama Japra buat ngajak ke puncak. Sebenernya gw agak males juga ke puncak pagi gini. Masih jauh dari Kandang Batu dan dingin serta perut lapar. Tapi gw gamau melewatkan begitu saja kesempatan untuk ke puncak bersama Bropela. Akhirnya gw bangun, ganti celana dan bawa barang seperlunya.

Jam setengah 7 udah pada mulai jalan. Gw ambil posisi sebagai sweeper bareng sama Japra. Di tengah perjalanan menuju puncak ada 2 orang yang mundur turun lagi ke basecamp. Satu orang cewe (gw lupa namanya) dan Japra. 2 orang ini turun karena kondisi badan mereka udah ga memungkinkan ke puncak. Sumpah sayang banget turun lagi, tapi gw salut sama mereka udah berani ambil keputusan paling berat buat seorang pendaki, yaitu turun lagi sebelum puncak.

Gw lupa jam berapa saat kita sampai di tanjakan setan, nama lain dari tanjakan rante (rantai, dalam bahasa sunda). Kenapa namanya tanjakan setan? Bukan karena ada setannya tapi karena emang tanjakan ini terjal banget. Hampir kaya panjat tebing. Kalo ga salah istilahnya tuh tanjakan setan ini termasuk dalam kategori  track scrambling. Saat melewati tanjakan ini kita saling back up, saling jaga jangan sampai ada hal yang ga diinginkan. Selepas tanjakan ini tuh ada spot foto yang menurut gw keren parah. Backgroundnya gunung Pangrango yang berdiri dengan gagahnya. Pagi ini cuacanya sangat mendukung, pangrango keliatan jelas banget. Viewnya keren paraaaah.

Setelah lewat dari tanjakan setan, tracknya pun gila-gilaan. Kaki gw ini rasanya udah pengen berhenti, tapi gw paksa terus sambil nyemangatin diri sendiri dan semangatin yang lain juga supaya kita sampai puncak bareng-bareng. Sebuah ungkapan yang gw inget “jangan pernah berhenti melangkah kedepan, karena seberapa kecil langkah yang kita buat, membuat kita semakin dekat dengan tujuan kita”

Jam setengah 11. Sampai juga kita di titik 2958mdpl. Rame banget di puncak ini sama pendaki lainnya. Pas kita di puncak ini sempet ada masalah air, ternyata air habis. Mungkin karena factor cuaca yang panas. Gw pun menawarkan diri untuk ambil air di alun-alun Suryakencana, soalnya gw kangen banget sama alun-alun Suryakencana. Hanya 15 menit turun, gw sampai di Suryakencana. Entah kenapa tiba-tiba gw merasakan ketenangan yang luar biasa saat sampai di Suryakencana ini. Sebuah perasaan yang sama tiap kali gw disini. Suryakencana memang mistis dan penuh misteri.

Ga lama gw di Suryakencana gw naik lagi ke puncak sambil bawa air. Tanjakannya bener-bener nguras tenaga parah. Sesampainya di puncak, gw langsung disambut oleh anak-anak. Heem bukan gw juga sih yang disambut, airnya yang disambut bahagia sama anak-anak ahahaha. Langsung saja air yang gw bawa kita bikin kopi dan minuman penyegar dahaga. Yang lain bikin kopi gw pun sibuk minta difotoin sama yang bawa kamera.

Jam 1 siang kita udah siap-siap turun setelah sebelumnya kita bernarsis ceria dan membuat video dokumentasi yang diperlukan untuk ultah ATKI. Sebelum jalan juga kita sempet nyanyi Indonesia Raya dan lagu Syukur. Ini sebagai bukti kalo kita cinta tanah air ini meski pemerintahannya bobrok dan tanda syukur kita pada Tuhan yang Maha Esa karena telah diberikan kesempatan untuk menikmati alam ciptaan-Nya yang indah ini.

Jujur aja gw lebih suka pas nanjak dibanding saat turun. Kalo naik itu cape dan nafas engap, tapi kalo turun lutut yang kena getahnya. Huuaaa ancur dah lutut. Biasanya gw kalo turun gunung suka lari-lari kecil sambil lompat sana lompat sini udah kaya monyet-monyetan karet. Tapi pada pendakian kali ini gw ga melakukan hal itu karena kalo gw melakukan hal itu bakal berpengaruh buruk ke lutut di masa yang akan datang. Lagian tugas gw sebagi sweeper mengharuskan gw berjalan di belakang memback-up yang lain.

Betapa kagetnya gw pas sebelum sampai di Kandang Batu gw mendapati anak-anak yang ga ikut ke puncak ada yang mandi di curug yang sebelum Kandang Batu(sampai sekarang gw gatau namanya curug apa). Si Akbar juga ternyata udah nyebur aja di situ, mungkin udah sampai daritadi dia. Kocak deh liat anak-anak pada mandi sambil nahan dingin. Semuanya pada ketawa-ketawa senang. Dari dulu gw seneng banget kalo liat temen gw tertawa atau tersenyum. Suka banget kalo liat senyuman temen tuh. Padahal gw baru kenal mereka ga lebih dari 3 hari tapi gw ngerasa udah kaya yang kenal lama banget. Berarti bener kata orang kalo naik gunung tuh “We come as a stranger, we out as a brother.”

Di basecamp, anak-anak yang ga mandi lagi pada sibuk menyiapkan makan siang hari ini. Jadi sebelum turun kita bakal makan dulu. Jam 3 kurang 15 menit kita udah siap untuk turun. Perjalanan kita tinggal 50% lagi, karena tujuan sebuah pendakian adalah pulang kerumah dengan selamat, puncak gunung hanyalah sebuah bonus dari sebuah pendakian.

Singkat cerita (gw singkat aja deh udah kepanjangan soalnya) kita sampai di pos pemeriksaan tuh jam 7 malem. Alhamdulillah kita ga kemaleman banget pas sampai di tempat yang udah ada cahaya lampu listrik. Setelah beres di pos perijinan kita langsung menuju Green Ranger. Kita sempet makan malam dulu disini sebelum bener-bener ninggalin Cibodas. Setelah dirasa cukup istirahatnya kita langsung naik angkot menuju pertigaan Cibodas sama jalan raya Puncak. Dari sini kita naik bis jurusan yang ke Jakarta langsung.

Ya sekarang kita udah bener-bener keluar dari lingkungan pegunungan. Meninggalkan hutan belantara yang sepi serta diselimuti oleh angin yang dingin. Ga kerasa bis yang kita tumpangi sampai di Ciawi. Gw, Brama dan Alta pamit duluan disini sedangkan yang lain lanjut menuju Jakarta. Alta turun di Ciawi karena dijemput disini sama orangtuanya. Setelah bertemu dan ngobrol sebentar seputar pendakian kemarin dengan orangtuanya Alta,  gw sama Brama langsung cabut lagi naik angkot menuju Bogor.

Selama perjalanan di angkot bersama Brama, gw saling tukar cerita tentang pendakian kemarin. Kita juga mengingat pendakian perdana kita. Gw sama Brama tuh melakukan pendakian perdana bareng. Brama juga bilang sama gw kalo dia seneng banget udah bisa ngibarin bendera Bropela dan spanduk ucapan selamat ulang tahun ATKI di puncak gunung Gede.

Home sweet home. Akhirnya sampai juga gw di rumah. Langsung mandi dan tiduran di kamar, berusaha untuk memejamkan mata. Saat gw memejamkan mata, di otak gw berputar lagi semua momen-momen kemarin yang gw lalui bersama mereka, suara angin di puncak sana. Semua gw simpan dalam hati gw. Semoga mereka semua ga ada yang bete, marah, kesel sama sikap, sifat, kelakuan gw yang goblok dan konyol yang kemarin gw lakukan.

Pendakian kali ini beres. Ga sabar untuk bisa melakukan pendakian-pendakian selanjutnya. Terimakasih buat Green Ranger yang udah bisa bantu masalah perijinan. Terimakasih juga sama Bropela udah bisa menerima gw dalam tim pendakian, sebuah kehormatan bisa mendaki bersama kalian. Selamat ulang tahun ATKI. Sukses selalu untuk Bropela. Cheers yo !