Langsung ke konten utama

It is not about a destination, its about a journey (TNGP, 3-5 Mei 2011)

3 Mei 2011

Hari sudah siang saat gw berangkat dari rumah menuju Larisa, sebuah warkop yang sekarang jadi tempat nongkrong gw. Pendakian kali ini gw lakukan bersama anak-anak larisa yang ternyata pada hobi juga sama naik gunung. Sekitar jam 14.00 gw udah di larisa, sekalian nunggu anak-anak pada datang gw ngopi dan main kartu remi dulu.
                Niatnya mah janjian sore tapi baru jam 18.30 anak-anak baru pada datang lengkap. Setelah pada datang gw, Eki, Ono, Teguh makan bareng dulu sebelum kita berangkat ke rumah Adiyan di Ciawi.

Lagi maka di Larisa nih
Sehabis makan ternyata ga langsung berangkat, kita pada ngopi dan ngerokok dulu. Santai banget ya? Ahaha ya ngapain juga sih buru-buru. 19.45 kita baru berangkat menuju rumah Adiyan. Pada pendakian kali ini transportnya pake mobil Panther (panthat geter)nya Teguh.
                20.19 sampai di rumah Adiyan. Awalnya kita semua naik mau pake daypack aja. Tapi rencana itu ga terealisasikan, gw aja dari rumah udah pake carrier 45L. Adiyan sendiri yang mencetuskan kita pake daypack aja ternyata packing pake carrier 80L. Karena banyaknya barang yang harus di angkut dan ada carrier 80L yang nganggur di rumah Adiyan, jadilah gw packing ulang pake carrier 80L. Hamsyong dah, harusnya mah gw pensiun nih bawa carrier ahahaha.

Ga lama di rumah Adiyan, jam 21.17 kita berangkat menuju Cibodas. Nanti kita bakal ke Green Ranger dulu. Naro mobil dan istirahat, kita baru mulai mendakinya jam 3 pagi buta. Jalur puncak yang biasanya pas weekend itu ramai sekarang sangat sepi, jalanan terlihat lenggang. Udara dingin khas pegunungan pun datang menyergap kita semua saat dalam perjalanan menuju Cibodas. Lampu-lampu kota di bawah sana terlihat indah, yaaa biasanya kita di sana, di tengah gemerlapnya lampu kota. Tapi untuk kali ini kita pergi meninggalkan lampu-lampu itu datang menuju hutan yang gelap dan dingin.
                Pas lagi di jalan menuju Cibodas, gw ngabarin beberapa anak SS (Satya Soedirman) angkatan gw dan angkatan di bawah gw. Gw ngasih tau plan pendakian gw kali ini. Jumlah anggota pendakian, kapan hp gw bakal gw matiin, kapan gw turun, serta batas waktu terakhir gw harusnya udah turun. Sehingga anak-anak tau kalo gw belum ada kabar saat di hari yang udah gw tentukan dalam plan gw  berarti gw kenapa-napa di atas. Biarpun gw naik bukan sama anak SS, gw pasti selalu minta anak SS (terutama angkatan gw) jadi tim penerima kabar gw, istilahnya mah kalo ga salah tuh komando SAR (Search And Rescue) karena gw percaya sama mereka. Percaya kalo saudara-saudara gw inilah yang bakal pertama melakukan tindakan di banding sama orang lain seandainya gw telat turun atau ada apa-apa. Entah berusaha nge-SAR gw ataupun menjelaskan keadaan sama orang tua gw di rumah.
                23.12 sampai di Green Ranger, kalo ga macet mah cuma butuh 2 jam sampai di Cibodas. Kalo macet mah ih ampun deh bisa sampai 6 jam lebih baru sampai. Gw suka bingung kenapa kalo macet di puncak banyak banget mobil berplat nomor B yang berjejer. Pada mau kemana coba ya orang-orang Jakarta. Niatnya sampai sini kita mau tidur, tapi pada ga bisa tidur kaya cacing kepanasan, padahal mah disini dingin. Usut punya usut kita semua lapar jadi ga bisa tidur. Untung Ono berinisiatif tinggi, dia beli nasi bungkus dan lauk-pauknya. Karena merasa kurang, kita bikin martabak mie buat nambah lauk pauknya.
                Buat para perokok, abis makan kalo ga ngerokok tuh kayanya makanannya masih nyangkut di kerongkongan. Mau ngerokok tapi kita semua takut stock rokok keburu abis buat di gunung. Akhirnya diputuskanlah kita ngerokoknya pake sistem supaya adil dan ga ada pertumpahan darah. Kita ngerokoknya sebatang rame-rame di gilir, dalam satu putaran seorang kebagian TKI (tiga kali isep). Setelah semua udah kebagian TKI, semua dapetnya DKI (dua kali isep) setelah itu SKI (satu kali isep) sampai rokoknya bener-bener abis. Ahahaha indahnya kebersamaan.
                Setelah rokoknya abis kita langsung rebahan lagi, awalnya mah masih aja pada becanda tapi karena kita emang orang Indonesia yang kalo abis makan ngantuk akhirnya semua tertidur, kecuali gw yang ga tidur beneran. Cuma merem aja sambil ngebayangin seseorang ahahaha kata orang mah tidur ayam.

4 Mei 2011

02.47 Teguh udah bangun dari tidurnya. Dia heboh bangunin yang lainnya. Pas nama gw di absen sama dia, gw langsung duduk dan buka mata, tapi karena dinginnya ga nahan gw langsung tiduran lagi narik selimut. Abis itu Adiyan bangun disusul sama Ono dan Eki. Agak males juga buat start jalan pagi buta gini. Tapi mau gimana lagi ahahaha jam 03.30 kita start jalan.
                05.00 sampai di pos Panyancangan. Gw selalu bilang kalo start pendakian yang sesungguhnya dimulai dari sini. Suasana pagi hari ini sangatlah bersahabat. Langit cerah dan udara sekarang udah ga terlalu dingin soalnya kita udah panas jalan.
pagi yang cerah di air panas
       Supaya ga kerasa dingin lagi kita ga istirahat lama-lama disini. Eki dan Ono jalan di depan, baru disusul sama Teguh, Adiyan dan gw paling belakang. Buat seseorang seperti Teguh yang berbadan besar, pasti mendaki gunung itu membutuhkan perjuangan yang besar, tapi semangat dan mental Teguh mengalahkan semua tanjakan yang ada loh ahahaha.
                07.55 Pos Air Panas. Kaget gw pas sampai di pos ini ternyata Eki dan Ono udah bersantai aja di sini. Emang mereka sampai di sini duluan di banding gw, Adiyan, dan Teguh. Mungkin beda 15-20 menitan. Ketika sampai disini langsung saja Teguh dan Adiyan ikut relaksasi seperti kedua orang lainnya. Sedangkan gw ga ikutan soalnya males buka sepatu dan ntar takut celananya basah hee. Kita agak lama nih istirahat disini. Sekitar setengah jam lah disini.
lagi pada relaksasi di air panas
                Jam 08.30 kita start jalan lagi. Dalam plan pendakian kita bakal ngecamp di alun-alun Suryakencana. Jadi hari ini langsung muncak dan turun lagi ke Suryakencana. Setengah jalan antara pos Air Panas dan Kandang Badak kita udah ngerasa ngantuk banget (ya iya baru tidur jam 2 malem) karena ga tahan sama ngantuk yang di derita oleh kita, kita mengubah rencana. Jadinya kita bakal ngecamp di Kandang Badak aja.
                09.53 kita sampai di pos Kandang Badak. Langsung aja kita bagi tugas buat ngediriin tenda. Setelah beres dengan tenda kita bikin kopi dan minuman hangat lainnya. Coffe break di Kandang Badak nih aw ahaha.
mendirikan dan beberes tenda
Sebenernya menurut gw mah kita masih bisa terusin ke Suryakencana hari ini juga, tapi bakal nguras tenaga banget pastinya. Di pikir-pikir boros watu kita disini sampai besok pagi baru ke puncak tapi udahlah kita mah menikmati aja semuanya. Setelah isi gelas berpindah ke dalam perut kita pun bobo ciang-ciang. XP
                Jam 14.28 semua sudah bangun dari sleeping beauty nya. Tidur siang kali ini sangat menyenangkan loh, kapan lagi bobo siang ga berisik sama suara kendaraan bermotor ahaha. Bingung juga mau ngapain lagi, akhirnya kita masak-masak aja deh. Gw mencoba bikin pancake dan ternyata gagal sehingga anak-anak ga percaya sama gw buat urusan masak-memasak. Adiyan masak nasi, Eki dan Ono masak lauk pauknya.
masak-masak nih kita
Gw dan Teguh di kasih tugas yang paling keji, yaitu mencuci nesting grrrr. Kenapa cuci nesting itu keji? Karena air di gunung tuh dingin parah, kaya air es dari kulkas. Ya bayangin aja tangan lu pada di rendem pake air sedingin itu.
                Selagi menunggu koki selesai memasak, Teguh tiduran dan gw sibuk bercermin (pake kaca spion motor yang dipatahkan) membereskan rambut gw yang keriting kaya benang kusut. Emang anak-anak pada nyebelin, kegiatan gw ini pun menuai protes dari mereka. Kenapa coba? Ya daripada gw wasting time ga jelas mending ngaca kan.  Keliatannya dalam pendakian gw kali ini gw menjadi public enemy deh. Masak salah, ngaca salah, bertanya salah. Kalo diem gw nya yang bete aaah Tuhan tolong hamba-Mu ini.
                Matahari yang bersinar cerah berganti dengan malam dan kabut menyelimuti Kandang Badak. Makanan pun sekarang telah tersaji. Menunya lumayan mantap lah buat para koki pemula (yang pro tuh gw) menunya ada tempe mendoan, tempe orek, ikan teri, dan martabak mie. Pas bikin sih lama tapi pas makan langsung lenyap seketika. Emang dasar perut keparat semua nih yang naik kali ini. Selama makan hati gw gundah gulana karena abis ini penderitaan gw akan segera di mulai. MENCUCI NESTING Assssyuuuu.
                Bener aja, cuci nesting itu menyiksa parah, pas tangan gw kena air udah kaya di gigit piranha. Gw mencuci dengan cepat agar tangan gw ga terlalu dingin. Sisa malam itu kita lewatkan dengan menghisap beberapa batang rokok dan menyeruput beberapa gelas kopi tanpa di ganggu oleh nada dering hp dan jauh dari hiruk pikuk kota besar. Jam 10 malam, suasana semakin dingin dan kita semua bersiap untuk tidur. Nanti pagi jam 3 pagi buta kita bakal start jalan ke puncak.
                Ga butuh waktu lama untuk pergi ke alam mimpinya masing-masing. Gw belum bisa tidur. Kebiasaan dari dulu gw pasti tidur terakhir diantara yang lainnya. Gw nyalakan lagi sebatang rokok dan duduk di depan tenda sendirian. Pikiran gw pun melayang pada seseorang yang sampai sekarang masih gw sayang. Setelah itu dalam benak gw terlintas tentang mereka, saudara-saudara gw yang sangat gw percaya. Banyu Karikil, kumpulan orang hebat dan gila serta bodoh. Setelah rokok habis gw pun beranjak tidur.

5 Mei 2011
                01.28 gw terbangun dari tidur gw karena angin berhembus dengan kencang. Gw paling ga bisa kalo lagi dalam tenda gini di luar angin kenceng. Bikin perasaan ga tenang. Yang bangun ternyata bukan gw doang, Adiyan juga bangun. Sempet kita berdua tukar pendapat tentang rencana kita yang mau muncak jam 3 dari sini, sedangkan sekarang aja angin kaya yang ngajak berantem. Kalo jam 3 ntar angin masih gede kaya gini juga kita ga bakal jadi ke puncak jam 3.
                Ternyata keadaan pas jam 3 ga kunjung membaik. Angin dan kabut masih menyelimuti Kandang Badak, sehingga kita memutuskan untuk ga jadi berangkat ke puncak sekarang. Lebih baik nunggu pagi ntar jam 6, jadi bisa keliatan. Seengganya kita bisa liat langit kaya gimana kalo udah pagi. Setelah itu pada tidur lagi, sedangkan gw ga bisa tidur gara-gara suara angin. Parah banget deh anginnya.
                Cepat waktu berlalu pagi menjelang. Pagi hari ini beda banget sama pagi kemarin. Pangrango yang seharusnya bisa kelihatan dari Kandang Badak sekarang sama sekali ga terlihat, udah kaya ilang di telan bumi aja. Pohon-pohon menari-nari di terpa oleh angin. 06.13 anak anak pada bangun. Meski cuaca agak jelek, tapi masih memungkinkan kita buat berangkat. Sarapan mengunakan 2 bungkus soup krim, setelah itu kita berangkat jam 07.30.
                15 menit kita jalan gerimis mulai turun. Gapapalah kalo cuma gerimis aja, ga usah pake angin segala. Selama jalan gw terus berharap supaya cuaca bisa membaik. Gerimis pun berubah menjadi hujan lebat di sertai angin. Kita semua pake raincoat sekarang, melindungi diri dari air hujan yang dicurahkan oleh langit. Menjelang tanjakan setan, Adiyan dan Teguh mengambil jalan yang memutar, sedangkan gw Eki dan Ono tertantang nyalinya untuk melewati tanjakan setan. Setelah melewati tanjakan setan kita bertemu lagi, berkumpul membahas apakah kita akan lanjut terus ke atas atau kita turun lagi. Cuaca memang lagi ga bersahabat banget. Ini sih udah bisa dibilang badai. Hujan deras dan angin bergemuruh.
                Percuma juga kita kalo terus kepuncak, ga akan beres soalnya bahaya angin mengintai kita kalo kita udah lewat dari batas vegetasi. Untung aja di tanjakan setan ini pohonnya masih pada tinggi. Karena faktor keselamatan kita memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan menuju puncak. 08.49 kita beneran turun dari tanjakan setan. Tujuan dari sebuah pendakian adalah pulang dengan selamat. Puncak gunung hanyalah berupa bonus. Its not about a destination, its about a journey. Ga apa-apa ga sampai puncak, yang penting kita udah melakukan perjalanan bersama dari bawah sana.
                Saat sampai di basecamp Kandang Badak, tenda kita udah banjir. Parit yang di buat sama Ono kemarin ternyata jebol dang menggenang. Langsung aja kita menyelamatkan barang-barang di dalam tenda yang masih kering. Setelah barang selamat, kita membereskan tenda supaya cukup kering agar kita bisa berteduh dan berlindung dari angin yang dingin.
Tendanya basah nih pak
                Karena hujan masih agak lebat, kita jadi males buat turun lagian kalo mau turun kan harus packing dulu. Nah kalo packing hujan gini ntar pada basah dan kalo pada basah itu nambah berat deh. Jadi sekarang kita pada masak-masak aja, bahan makanan masih banyak banget apalagi terigu ahahaha. Masak apa aja yang bisa di masak. Kita sempet bikin tereng (terigu goreng). Tereng di sini di bikin 2 versi, ada versi manis menggunakan coklat cha-cha topingnya sama versi asin menggunakan cabe dan bawang sebagai topingnya.
                Jam 14.11 hujan mulai reda, kita pun mulai packing barang untuk segera turun sebelum kemaleman. Engga tau kenapa gw rasa kalo abis hujan gini orang tuh geraknya jadi pada lambat. Kerasa banget deh lambatnya, kaya di slow motion gitu. Mungkin karena dingin kali ya. Setelah packing beres, kita menundukan kepala mengucap syukur pada yang Maha Kuasa karena masih di berikan kesempatan bermalam dengan aman di Kandang Badak ini dan ga lupa juga meminta perlindungan-Nya lagi agar kita selamat sampai di rumah.
                Perjalanan turun terasa sangat cepat, jam 15.46 kita udah sampai di Air Panas. Seperti biasa, gw selalu berharap supaya ga kemaleman di track antara Air Panas dan Panyancangan. Ga enak kalo harus kemaleman di tengah lebatnya hutan rimba. Lagian gw pengen foto di jembatan kayunya ahahaha. Asik banget kalo bisa foto di situ hehehe.
                Alhamdulillah banget kita ga kemaleman pas sampai di Panyancangan. Jam 17.37 kita sampai di Panyancangan ini, seengganya masih ada terang-terangnya deh hehe. Hujan udah reda daritadi, baju yang tadinya basah sekarang udah agak kering lagi. Lumayan lama ngambil nafas di sini. Setelah itu kita turun lagi. Asiiikk sempet foto nih di jembatan kayu. Heeem gw rasa foto pendakian kali ini kurang banyak karena faktor cuaca XP.
Jembatan kayu

Sampai di pos jaga 18.30, tanpa basa-basi lagi kita langsung ngurus administrasi, membuang sampah pada tempatnya dan membakar rokok terlebih dahulu sebelum kita bener-bener keluar dari kawasan TNGP. Setelah rokok habis kita langsung turun lagi menuju Green Ranger. Jam 18.48 kita sampai di Green. Pas ketemu sama Bang Idhat, Bang Idhat ngomong emang hari ini tuh cuaca ga beres dari tadi pagi aja udah hujan.
                Agak lama kita di Green, soalnya kita beberes barang dulu udah gitu bersih-bersih dulu sebelum pulang. Di Green ini ada rombongan yang mau naik ntar malem dari SMA N 4 Bogor. Ada beberapa orang cewenya, ya gw sih mendoakan aja supaya sukses dan selamat serta cuaca ntar cerah. Kasian kalo hujan soalnya bawa cewe. 20.22 kita berangkat dari Green menuju Bogor. Baru sepertiga perjalanan menuju Bogor Eki dan Ono udah tidur aja. Gw sempet sms anak-anak SS ngabarin kalo gw udah turun. Ada hal bodoh yang gw lakukan, gw sms Doni bilang gw lagi di angkot padahal gw di mobil Teguh, kebiasaan banget dari dulu kan gw sms tuh pas udah di angkot dan emang baru sekarang gw naik gunung pake mobil pribadi. Sekarang juga jadi sms di angkot ke Doni hehe
                Selama perjalanan turun badan gw kerasa ga enak banget. Padahal pas di gunung badan gw udah biasa aja. Emang sebelum naik badan gw ga fit dan untungnya baru sekarang lagi kerasa, bukan pas di gunungnya. Di pom bensin Cipayung gw muntah, yang keluar cuma air ludah doang, ga ada lagi yang keluar. Paraaaaha banget rasanya. Eh si Adiyan juga ikutan muntah, sama kaya gw muntahnya cuma air ludah doang.
                Heeem, pendakian kali ini udah beres. Kita pulang dengan selamat. Meski ga sampai di puncak gunung Gede, dari pendakian ini kita belajar banyak. Kalo kata Adiyan mah “manusia hanya bisa berencana (keluarga berencana kali ya?), Tuhan melalui alam ciptaan-Nya lah yang menentukan.”