Langsung ke konten utama

Primitive Runaway (Tn. Ujung Kulon 25-29 Januari 2013) Part 1


Prolog
Suatu sore di kampus Dramaga IPB yang sedang sepi karena mahasiswanya lagi pada UAS, gw sama temen gw namanya Girin dan Tanti yang sama-sama anak Fahutan 48 duduk di tangga di gedung kuliah. Awalnya kita ngbrol macem-macem dan akhirnya sampai pada topik : mau liburan kemana kita? Sebuah topik yang memang harusnya dibahas terlebih dahulu daripada ngebahas soal-soal ujian ahaha. Kebetulan, kita punya kakak kelas yang sering banget jalan-jalan namanya Kak Lola, dia pernah cerita kalo dia pernah ke Taman Nasional Ujung Kulon. Dari kak Lola inilah kita dapet cp Pak Sorhim (siapa itu pak Sorhim? Nanti bakalan diceritain ko)

Setelah sore itu, kita sempet publikasiin ke anak-anak yang lain, mungkin pada awalnya rencana ini emang engga jelas, kaya yang mau-mau, engga-engga jadi aja yang ikut cuma 7 orang. Ketujuh orang itu gw, Girin, Agna, Razi, Tanti, Ama, dan Ayu.

Jumat, 25 Januari 2013

Pagi buta, jam 03.00 kami sudah terbangun. Kemarin (24 Januari 2013) kita sepakat buat nginep bareng di sekret PP supaya engga ada yang telat dan sekalian kita packing barang-barang yang bakalan kita bawa ke Ujung Kulon. Semalem kita udah kontak sama Pak Sorhim. Rencannya kita bakalan naik bis ke Serang dan langsung nyambung angkutan ELF menuju desa Taman Jaya, salah satu desa di dalam kawasan Tn. Ujung Kulon. Ternyata rencana kami berubah, soalnya Ayahnya Girin punya kenalan di Balai Tn. Ujung Kulon yaitu Pak Haryono yang merupakan kepala Balai. Pak Haryono mau memfasilitasi kami transportasi dari Serang ke Taman Jaya, jadinya kita dijemput.

kiri ke kanan : Girin, Razi, Ayu, Ama, Tanti, Agna, Gw
Setelah semua cuci muka dan siap, kami pun berangkat dari kampus sekitar jam 5 pagi dan sempet belanja sayur dan bahan makanan di Bara. Belanjanya lumayan banyak, soalnya kita emang mau 4 hari di sana. Pagi-pagi kami sudah naik turun angkot menuju terminal Baranangsiang. Tepat pukul 06.06 kami tiba di terminal Baranangsiang dan langsung cari bis yang menuju Serang. Ada satu bis yang menuju Serang dari Bogor, yaitu bis Arimbi. Untuk jam keberangkatannya gw sendiri kurang tau jam berapa aja. Sembari menunggu bis berangkat kami menyempatkan diri untuk sarapan bareng.


sarapan dulu sebelum berangkat


Setelah kurang lebih setengah jam menunggu, akhirnya bis pun berangkat. Pagi ini penumpangnya engga terlalu banyak jadi lumayan nyaman, lagian bis nya bis AC jadi enggga akan kegerahan. Tarif bisnya itu Rp 30.000,- perorangnya. Menurut informasi dari orang –orang, menuju Serang dari Bogor itu 2,5 jam. Selama perjalanan menuju Serang gw tidur karena emang kurang tidur.

10.27 kami tiba di terminal Pakupatan, Serang. Ternyata perjalanan kami dari Bogor ke Serang makan waktu hampir 4 jam karena macet. Pas turun dari bis, langsung banyak calo yang mengerubuti kita. Udah kaya gula dikerubutin sama semut, emang kita manis sih, eh engga yang manis cuma gw doang ahaha. Ternyata di terminal Pakupatan ini emang udah ada Elf yang standby buat ke Taman Jaya, Sumur ataupun Cibaliung yang merupakan kawasan Tn. Ujung Kulon. Tapi karena kita udah dijemput,Girin pun langsung menghubungi orang yang diutus oleh Pak Haryono untuk jemput kita.

Akhirnya ketemu juga orang yang jemput kita, namanya Pak Yudi. Tanpa menunggu lama kita pun langsung berangkat dari terminal Pakupatan menuju Ujung Kulon. Berhubung ini hari Jumat, jadi kita bakalan kepotong sama salat Jumat. Kita salat Jumat di mesjid alun-alun Pandeglang. Ternyata salat jumat dimana-mana sama ya, di mulai dengan khotbah dan salat ahaha. Beres salat kita langsung cabut meneruskan perjalanan kembali.

Berhubung sudah masuk jam makan siang, kita selama jalan mencari tempat untuk makan siang. Akhirnya sesuai dengan saran pak Yudi, kita masuk ke dalam sebuah rumah makan sunda persis di pinggir jalan. Senangnya bukan main saat melihat menu yang disediakan oleh rumah makan tersebut (gw lupa nama rumah makannya) ada berbagai pepes dan lalapan. Girin seneng banget saat mendapati ada jengkol di rumah makan itu, dasar orang kampung ahaha. Dan gw pun seneng banget pas tau ada petai ahaha samanya kampungan ahaha. Saat gw pesen petai, ini percakapan gw dengan si mbak pelayan :

Gw : Mbak, kalo pesen petai ini harus satu tangkai ini? Bisa setengah ga?
Mbak penjual : Iya mas, harus satu tangkai ga bisa setengah.
Gw : Oh gitu, yaudah deh mbak satu aja.

Makan siaaang nn'
Semua makan udah kaya kesetanan, lahap banget. Mungkin karena dari pagi cuma makan nasi uduk pas di terminal atau memang semua rakus ahaha. Menunya juga emang juara sih jadi semua makannya bener-bener kaya orang yang engga makan selama seminggu (lebay). Beres makan dan kita pun bayar, ternyata makan di situ engga terlalu mahal loh. Gw pake pepes ayam, tempe goreng 2 dan petai 1 tangkai itu cuma Rp 15.000,- lumayan lah untuk kenikmatan yang didapat setimpal dengan biaya yang di keluarkan ahaha. Setelah urusan perut aman, kita pun meneruskan perjalanan kembali.

Perjalanan diteruskan kembali, selama perjalanan kita ngbrol banyak hal, mulai dari mencari kata-kata dalam bahasa sunda yang pas masih kecil sering kita dengar dan ucapkan yang saat ini udah sangat jarang orang menggunakan kata tersebut. Sekitar pukul 15.00 kita mulai masuk ke jalan yang agak rusak dan di pinggir jalan itu pantai. Gw kira udah deket kan sama tujuan kita, tapi nyatanya kata pak Yudi masih lama. Masih sekitar 2 jam lagi kita sampai. Jalanan yang kita lalui pun agak rusak, banyak lubang dan kubangan dan mulai meninggalkan garis pantai menuju perbukitan. Ya, jalannya mulai nanjak lagi -___-

Untuk mengusir rasa bosan yang menghinggapi, kita nyanyi bareng. Nyanyi lagu-lagu band indie yang dulu ngetop banget pas jaman SMP-SMA. Band-band kaya Closehead, Closet38, MFWD dan masih banyak lagu yang kita nyanyikan bareng. Suasana diantara kita pun semakin akrab. Jujur aja, awalnya agak kaku karena ini pertama kalinya kita jalan jauh bareng ahaha.

Di dalam mobil bersuka cita
Pukul 17.32 kita sampai di Desa Taman Jaya, salah satu desa yang ada di kawasan Tn. Ujung Kulon. Di Taman Jaya ini kita tadinya mau nginep di rumah pak Sorhim, tapi sekarang kita sampai di Resort Handeleum. Kata orang yang jaga resort ini, rumah pak Sorhim itu masih sekitar 1 jam lagi dari sini. Rumah pak Sorhim itu di desa Ujung Jaya. Kita pun bingung mau nginep dimana. Soalnya pak Soehim engga bisa jemput kita ke Taman Jaya karena udah kesorean dan di Resort ini engga ada ruangan yang bisa menampung kita. Setelah berdiskusi dengan pak Yudi, akhirnya pak Yudi mau nganter kita ke Resort Legon Pakis sesuai saran dari kepala resort Handeleum. Kata beliau kalo di Legon Pakis ada ruangan kosong dan untuk jarak ke pak Sorhim itu sekitar setengah jam.
Sunset di dermaga Resort Handeleum, Taman Jaya

Di Resort ini pun kita mengurus perijinan untuk masuk ke kawasan. Tiket masuk itu Rp 3.000,- dan asuransi nya Rp 2.500,- jadi total semua untuk satu orang kena Rp 5.500,-. Setelah beres ngurus perijinan, kita pun langsung di antar ke resort Legon Pakis. Ternyata emang agak jauh dari Taman Jaya, sekitar pukul 20.17 kita baru sampai di Legon Pakis. Di Legon Pakis ini terdapat beberapa kamar dan ada dapurnya, jadi kalo mau masak gampang, udah kaya nyewa villa aja ini kita.

Pas kita datang di Legon Pakis, akhirnya kita ketemu juga sama pak Sorhim. Umurnya sekitar 40 tahun, tapi badannya tegak dan gagah. Pak Sorhim ini merupakan anggota dari YABI (Yayasan Badak Indonesia) jadi beliau banyak mengetahui tentang badak. Beliau juga yang bakalan nanti nganterin kita selama kita di Ujung Kulon. Berbincang banyak dengan pak Sorhim, gw jadi tau pak Sorhim ini ternyata jago banget buat Anveg (Analisis Vegetasi) dan tahu tentang perilaku badak, jejak badak dan semua tentang badak. Biarpun pak Sorhim engga pernah sekolah kehutanan, tapi beliau fasih banget. Tipe orang yang belajar langsung dari praktek.


Resort Legon Pakis
Malam ini yang nyiapin makanan si Tanti, giat banget dia masaknya ahaha. Makasih ya Tantii ahaha. Makan malam ini kita pake sop. Setelah beres makan kita pun bersiap untuk tidur. Sumpah ya, di sini tuh gerah abis deh. Udah gitu banyak nyamuk banget, dan nyamuknya itu katanya sih ada yang berupa nyamuk malaria. Hiyyyyh bete banget kalo sampai harus kena malaria. Oh iya, kita sempet minum obat anti malaria (Pil Kina, bisa di beli di apotik) tapi salahnya kita, harusnya kita minum seminggu sebelum kita datang ke Ujung Kulon. Dari informasi yang diperoleh pak Sorhim, sekitar 89% orang di sini udah terkena malaria *emmmm*. Tak lama kemudian, kami semua pun tertidur di temani oleh nyamuk-nyamuk.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Pertama

Minggu sore, gw akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan komunitas PARKOUR Bogor. wahahaha apalagi nih parkour? oke parkour adalah : "sebuah seni bergerak dan metode latihan natural yang bertujuan untuk membantu manusia bergerak dengan cepat, efisien, dan halus dengan hanya menggunakan tubuhnya untuk beradaptasi terhadap rintangan yang ada di lingkungannya.” dikutip dari bukansekedarloncatloncat.tumblr.com mungkin sebagian teman teman ada yang belum tau tentang parkour atau ga tau parkour itu kaya gimana. pernah nonton film "Yamakasi" atau "D-13" ga? tuh yang kaya gitu tu parkour teh. kalo ga pernah nonton filmya buka youtube aja deh yaa. hahaha dari film dan video yang bisa teman teman cari dan akhirnya

Pendakian Gn. Gede, 18 - 20 Mei 2012

Ketua Pendakian              : Tegar P.K /Lele/SS-880337-BK Anggota Pendakian         : 1. Prima (Donny)/Estep/SS-880329-BK 2. Denny R/Tonkhi/SS-880331 3. Amanda (Manda)/Lunidus/SS-880332-BK 4. Fadlia Pari/Docin/SS-880333-BK 5. Adam D/Kadek/SS-880339-BK 6. Iftikhor F (Ihor)/Mili/SS-880341-LF Prolog                 Setelah sekian lama gw ga pernah naik bareng sama anak anak PPRPG (Perhimpunan Penempuh Rimba Pendaki Gunung) Satya Soedirman, organisasi gw saat gw pas SMA, tepatnya tanggal 18 – 20 Mei 2012 kemarin kita naik bareng lagi. Heeem terakhir naik sama mereka, khususnya anak anak angkatan gw (Banyu Karikil) itu pas kita bareng bareng ke Ciremai. Tepatnya 2 tahun yang lalu. Sayaangnya, pendakian kali ini kita belum di kasih kesempatan untuk mendaki gunung seangkatan lagi. Meskipun ga seangkatan, seengganya pendakian kali ini bisa menjadikan obat penawar rindu gw nn’ Gw                                  Doni Deni                          Adam

Senandung Pagi Dewi Anjani

Halo semua, sudah lama ternyata gw engga nulis kelanjutan cerita pas kegiatan di Lombok, tepatnya desa Sajang. Tulisan ini bukan sambungan dari cerita sebelumnya. Ini merupakan cerita kunjungan gw, Ginanjar, Kak Lola, Apel, Kang Iqbal dan Zahra ke Lombok dalam rangka jadi relawan. Jadi relawan? Mungkin beberapa orang bakalan berpikir ko baru sekarang jadi relawannya? Yaa untuk berbuat baik engga ada kata telat toh. Selain itu, kita ke sini untuk membantu mengembalikan semangat anak-anak dan petani kopi di Desa Sajang ini. Sedikit cerita, jadi tim kami ini sudah berada di Lombok dari tanggal 16 dan memulai kegiatan tanggal 17 ke Lombok Utara dan selanjutnya kegiatan kami berfokus di daerah Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Gw sendiri baru merapat ke Lombok pada tanggal 22 Oktober 2018. Oh iya tim kami ini ada Ginanjar, mahasiswa dari Jogja yang sebelumnya memang sudah jadi relawan di Lombok ini ketika gempa mengguncang. Ada juga sepasang suami istri yang sangat mengisnpir