Langsung ke konten utama

Praktikum Pengenalan Ekosistem Hutan (PPEH) Part 2

Penginapan cowo itu enak banget, sebuah rumah panggung dengan 3 kamar dan 3 kamar mandi. Dindingnya dari bilik bambu. Heeem jadi kaya cottage gitu. Dan pemandangan ke depannya itu langsung gunung Cikuray. Keren deh pokoknya, ga rugi kalo PPEH dapet di Papandayan. Ternyata hamper semua cowo sub jalur Papandayan semua udah tidur sore itu. Pada kecapean sehabis melakukan perjalanan dari Bogor.

Magrib pun menjelang, gw bangun dan mulai ngerasain kalo udara di sekitar gw dingin juga ya. Maklum desa di kaki gunung pasti dingin. Hari ini muncul masalah pertama, ternyata air di penginapan cowo itu keluarnya kecil -___- kamar mandi sih boleh ada 3 tapi kalo engga ada airnya bete juga ahaha. Semoga besok engga macet airnya. Kalo untuk hari ini sih gw emang berencana engga mandi ahaha dingin :p

Setelah beres salat magrib dan salat isya, kami semua berkumpul di rumah ibu Dewi, untuk makan malam dan melakukan briefing pertama kami untuk esok hari. Sebelum briefing ada perkenalan dulu dari keluarga Ibu Dewi yang selama 10 hari ke depan akan menyiapkan segala sesuatunya untuk kami. Heem sebagai ketua jalur gw juga harus tampil kece dong ya malam ini ahahaha

Dari kiri : Pak Trisna, Pak Edi, dan Ibu Dewi

Briefing oleh Pak Trisna

Perkenalan berjalan singkat, lalu di lanjutkan untuk briefing esok hari. Briefing di pimpin langsung oleh pak Trisna selaku dosen pendamping di Papandayan. Malam ini semua kelompok di harapkan sudah membagi tugas apa saja dan siapa yang melakukannya ketika di lapang. Dan besok pagi jam 6 harus sudah ada di lapangan voli sebelah penginapan cewe untuk olahraga pagi -__-

Semua kelompok di plot-plotkan tempatnya untuk briefing, dan kelompok 4 kelompok yang paling kece dapet tempat briefing di penginapan cowo. Langsung saja Razi sang ketua membagi tugas dan membuat list peralatan apa aja dan ada di siapa aja untuk di bawa ke lokasi praktikum.
Briefing Kelompok 4

Setelah beres kita pun langsung beristirahat, sebelum tidur gw sempet bikin susu hangat dan menikmati malam sendirian (lagi-lagi sendirian) soalnya tadi ada Depin, tiba tiba dia menghilang ahaha ga lama gw pun tidur sebelah Razi. Ternyata kalo sudah dalam posisi tidur, penginapan ini sempit juga ya tapi engga apa apa deh yang penting hangat hehehe :D

Rabu, 26 Juni 2013

“tak terasa gelap pun jatuh di ujung malam, menuju pagi yang dingin”
Pagi hari sudah menjelang, ini akan jadi hari praktikum pertama. Gw bangun  setelah Depin bangun. Ternyata teman-teman yang lain sudah bangun daritadi. Gw bangun sekitar pukul 05.30. niat mau mandi ga jadi karena airnya bener bener jahat, dingiiin banget deh. Alhasil gw cuma cuci muka dan gosok gigi lalu ganti pakaian lapang.

Sunrise dari depan penginapan cowo

Hari ini cuaca cerah, dan dingin. Agak males juga sebenernya untuk beranjak keluar tapi apa daya. Pak Trisna udah sms nyuruh kita semua buat kumpul di lapangan untuk berolahraga bersama. Olahraga pagi, sebuah hal yang udah lama banget engga pernah gw lakuin. Dengan di temani dingin serta udara yang segar karena belum terlalu banyak polusi ini membuat gw bersyukur kalo gw masih bisa menikmati pagi ini.

Beres olahraga kami pun menuju rumah ibu Dewi untuk segera sarapan. Sarapannya apa ya hari ini? Gw lupa ahaha. Selagi sarapan Razi mengecek semua anggota kelompok 4 dan peralatan yang akan di bawa. Menurut rencana Pak Trisna, hari ini kami akan melakukan analisis vegatasi di hutan tanaman di kaki gunung Papandayan.

Beres sarapan, Guide kami sudah hadir dan mobil kol juga sudah siap untuk mengangkut kami ke tempat praktikum. Guide nya itu ada empat orang, Pak Yusuf, Mang Pian, Pak Ipin sama Pak (aduuh gw lupa) Jadi kalo di Papandayan, untuk sampai ke lokasi praktikum kami harus naik mobil kol dulu. Yaa jadi mirip domba garut deh naik mobil kol ahaha :p Agak sangsi juga nih apakah mobil kol kelompok gw kuat apa engga naik soalnya kan kelompok 4 ini badannya agak agak besar kaya Guntala, Rizki “Hap” sama si Anang.
Guide Kami di Papandayan

Mobil kol kel. 4, penuh sesaaak

Jam 8 kami berangkat menuju lokasi praktikum. Selama perjalanan kami bergoyang kesana kemari karena jalannya yang amat sangat luar biasa. Banyak lubang di jalan yang mungkin karena kejatuhan meteor dari langit (lebay :p) lubangnya dalam dan besar-besar huhuhu. Sekitar setengah jam di atas mobil bak, kami pun sampai di lokasi praktikum.

Karena hari ini lokasi praktikumnya hutan tanaman, jadi engga terlalu rapat serta plot pengukuran yang kami gunakan itu plot berbentuk lingkaran. Gw sama Razi yang bikin plot sebagai perintis. Anang, Cut, sama Hap ngerjain tanah, Elza melakukan pengamatan Satwa Liar, Guntala ngukur suhu, Widya, Irul sama Risma Anveg tumbuhan bawah, Rere dan Depin menghitung pohon.

Hari pertama ini agak-agak chaos juga karena ini awal dari kita bekerja sebagai kelompok. Istilahnya kita masih menyamakan frekuensi kita semua. Di Plot pertama kita bekerja agak lama, terus kita harus membuat 3 plot di sini. Karena hari ini cerah dan tutupan tajuknya engga rapat, jadi hari ini berasa panaaas banget -__- padahal ini di kaki gunung. Ga tahan juga gw lama lama kaya gini ahaha.

Sekitar setengah 11 kami sudah beres membuat 3 plot di hutan tanaman ini, lalu kami pun bergerak kembali. Jalan kaki sekitar 1 jam lebih menuju tegakan puspa. Selama perjalanan ke sana kami melewati sungai yang pinggirannya rawan longsor -___- sebelum sampai di lokasi yang kedua kami pun makan siang terlebih dahulu. Seru juga ternyata praktikum kaya gini. Membuat kita semakin kenal dengan teman-teman seangkatan kita hehe :D
Sub Jalur Papandayan

Jalan menuju lokasi praktik

Beres makan siang, kami pun langsung jalan sebentar dan langsung membuat plot pengukuran. Plot yang kami gunakan masih plot berbentuk lingkaran. Di lokasi kedua ini kami membuat 2 plot. Jadi total hari ini kami membuat 5 plot. Ga kerasa beres juga praktikum kami hari ini. Sekarang waktunya untuk pulang.

Saat di plot pengukuran

Untuk pulang kami di jemput lagi oleh mobil bak, tapi kita harus jalan kaki dulu sampai ke tempat mobilnya. Yaa biarpun letih tapi itung itung refreshing dan bonus foto-foto biarpun pemandangannya masih biasa aja. Selama jalan turun, si Guntala bikin hiasan mahkota gitu di kepala si Cut dari tumbuhan-tumbuhan liar.

Mahkota karya Guntala

Sekitar pukul setengah 4 sore kita udah sampai di tempat kita bakalan di jemput sama mobil kol. Karena ingin cepat pulang kami pun langsung naik ke mobil dan menuju ke basecamp. Jam 4 sore kami sudah sampai basecamp, ada waktu sengga untuk istirahat sore ini. Gw, Razi, dan Depin nyari makanan sore itu ke tempat mie ayam di sekitar basecamp.

Ngbrol-ngbrol kita bertiga dan sudah membicarakan kalo udah sampai di rumah kita bakalan pijat badan kita, padahal ini baru aja praktikum hari pertama ahaha :P setelah ngbrol dan makan mie ayam kita langsung menuju ke penginapan cewe buat ngerjain laporan. Seengganya kita cicil dikit-dikit. Sebelum magrib gw pun mandi, daaan rasanya mandi itu luar biasa yaa. Dingiin abis, ketika air membasahi kepala lu serta merta otak lu membeku ahaha

Selepas salat Isya kita makan malam dan ngumpul lagi, ada penjelasan laporan dari pak Trisna kalo laporan pengolahan datanya harus udah masuk nanti jam 10 malam ini. Sumpaah yaa datanya tuh banyak banget deh dan kita punya waktu cuma sekitar 3 jam harus beres. Beres makan malam tanpa basa-basi lagi kita langsung ngerjain di teras depan penginapan cewe. Baru kerasa ternyata cape juga yaa. Kita pun ngolah data bareng-bareng sambil menahan dingin tentunya

Kita beres sekitar jam 11 dan langsung menuju penginapan cowo untuk istirahat. Yaa hari pertama lewat, masih ada beberapa hari ke depan yang mungkin akan lebih melelahkan ahaha.

Postingan populer dari blog ini

Latihan Pertama

Minggu sore, gw akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan komunitas PARKOUR Bogor. wahahaha apalagi nih parkour? oke parkour adalah : "sebuah seni bergerak dan metode latihan natural yang bertujuan untuk membantu manusia bergerak dengan cepat, efisien, dan halus dengan hanya menggunakan tubuhnya untuk beradaptasi terhadap rintangan yang ada di lingkungannya.” dikutip dari bukansekedarloncatloncat.tumblr.com mungkin sebagian teman teman ada yang belum tau tentang parkour atau ga tau parkour itu kaya gimana. pernah nonton film "Yamakasi" atau "D-13" ga? tuh yang kaya gitu tu parkour teh. kalo ga pernah nonton filmya buka youtube aja deh yaa. hahaha dari film dan video yang bisa teman teman cari dan akhirnya

Pendakian Gn. Gede, 18 - 20 Mei 2012

Ketua Pendakian              : Tegar P.K /Lele/SS-880337-BK Anggota Pendakian         : 1. Prima (Donny)/Estep/SS-880329-BK 2. Denny R/Tonkhi/SS-880331 3. Amanda (Manda)/Lunidus/SS-880332-BK 4. Fadlia Pari/Docin/SS-880333-BK 5. Adam D/Kadek/SS-880339-BK 6. Iftikhor F (Ihor)/Mili/SS-880341-LF Prolog                 Setelah sekian lama gw ga pernah naik bareng sama anak anak PPRPG (Perhimpunan Penempuh Rimba Pendaki Gunung) Satya Soedirman, organisasi gw saat gw pas SMA, tepatnya tanggal 18 – 20 Mei 2012 kemarin kita naik bareng lagi. Heeem terakhir naik sama mereka, khususnya anak anak angkatan gw (Banyu Karikil) itu pas kita bareng bareng ke Ciremai. Tepatnya 2 tahun yang lalu. Sayaangnya, pendakian kali ini kita belum di kasih kesempatan untuk mendaki gunung seangkatan lagi. Meskipun ga seangkatan, seengganya pendakian kali ini bisa menjadikan obat penawar rindu gw nn’ Gw                                  Doni Deni                          Adam

Senandung Pagi Dewi Anjani

Halo semua, sudah lama ternyata gw engga nulis kelanjutan cerita pas kegiatan di Lombok, tepatnya desa Sajang. Tulisan ini bukan sambungan dari cerita sebelumnya. Ini merupakan cerita kunjungan gw, Ginanjar, Kak Lola, Apel, Kang Iqbal dan Zahra ke Lombok dalam rangka jadi relawan. Jadi relawan? Mungkin beberapa orang bakalan berpikir ko baru sekarang jadi relawannya? Yaa untuk berbuat baik engga ada kata telat toh. Selain itu, kita ke sini untuk membantu mengembalikan semangat anak-anak dan petani kopi di Desa Sajang ini. Sedikit cerita, jadi tim kami ini sudah berada di Lombok dari tanggal 16 dan memulai kegiatan tanggal 17 ke Lombok Utara dan selanjutnya kegiatan kami berfokus di daerah Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Gw sendiri baru merapat ke Lombok pada tanggal 22 Oktober 2018. Oh iya tim kami ini ada Ginanjar, mahasiswa dari Jogja yang sebelumnya memang sudah jadi relawan di Lombok ini ketika gempa mengguncang. Ada juga sepasang suami istri yang sangat mengisnpir