Langsung ke konten utama

Sebuah Pekerjaan, Sebuah Perjalanan : Bagian 2. Sebuah Kesederhanaan


Sebelum gw mulai cerita bagian kedua ini, gw mau sedikit kasih tau kalo gw nulis cerita gw di Lombok ini engga tiap hari, jadi cuma beberapa aja momen aja yang gw tulis. Momen-momen yang menurut gw spesial. Kaya cerita cangkir yang ketinggalan di Beruga sepertinya gw lewat aja deh. Lagian cangkirnya udah diberesin sama Ibu.

Hari ini tanggal 4 April 2018, baru sehari sebenernya gw di sini tapi gw merasa ketika bangun pagi ini tuh gw merasa kaya yang udah lama banget tinggal di sini. Mungkin karena gw merasa sangat nyaman di sini. Jam baru menunjukan jam 8. Gw udah diburu-buru buat sarapan dan mandi. Coba tebak gw mandi dulu atau sarapan dulu hayo? Oke ga penting

Hari ini gw memang belum ada kegiatan sama bapak-bapak petani karena hari ini Pak Edi mau ada acara nikahan saudaranya gitu. Makanya pagi ini gw agak diburu-buru

               “ayo gar, mandi terus sarapan abis itu kita berangkat” kata Ruhin pas bangunin gw
               “yoo sabar hehe masih linglung” jawab gw

Rencananya tuh hari ini gw bakalan di ajak ke tempat nikahan saudaranya pak Edi yang otomatis saudaranya Ruhin juga. Terus kata Ruhin nanti kalo beres acaranya kita bakalan main ke air terjun juga. Yaah gw sih ikut aja, sekalian pengen tau kan nikahan di sini seperti apa.

Setelah perut terisi, kita pun berangkat menuju tempat nikahan saudaranya Ruhin ini. Lumayan agak jauh perjalanan, sekitar satu jam kurang. Iyaa di sini satu jam kurang tuh jauh soalnya ga ada macet. Sepanjang perjalanan ga bosen-bosennya gw liat pemandangan gunung Rinjani, hari ini emang cerah pake banget jadi sedikit menyengat cuacanya. Apalagi perjalanan kita tuh turun dari tempat tinggi ke daerah yang deket sama pantai.

Setelah menempuh jarak perjalanan, akhirnya kita sampai juga di tempat tujuan kita. Sebuah desa yang keadaannya ga jauh berbeda sama kaya desa Sajang. Jujur pas gw sampai gw kira bakalan liat adanya tenda nikahan gitu, terus ada kursi dan prasmanan. Ternyata perkiraan gw salah

Jadi pas sampai itu kita duduk di halaman rumah yang agak luas, di atas terpal dan di lapisi lagi oleh karpet, semuanya duduk lesehan. Tamu undangan, sanak saudara, dan tentu kedua mempelainya pun duduk semua di atas karpet itu. Isi acaranya pun hanya ada pembukaan dari penjabat desa setempat, wejangan dari para sepuh dan tentunya ijab qabul. Masa iya nikah ga ada ijab qabulnya sama penghulu ahaha.





Setelah ijab qabul dan pembacaan doa, nampan-nampan berisi hidangan pun datang disebar pada para tamu undangan yang sedari tadi mengikuti acara dengan khidmat. Para tamu undangan pun sangatlah sederhana, rata-rata memakai sarung, atasannya kalo ga baju koko ya batik. Engga ada yang berpenampilan berlebihan. Sungguhlah sederhanaa

Setengah jam setelah beres makan Ruhin ngajak gw cabut
               “Ayo gar kita main”
Laah gw cuma bengong, ini udah selesai acaranya? Sambil masih planga-plongo gw ngikutin Ruhin ke motor. Serius ternyata acaranya udah beres. Tamu undangan pun satu-persatu cabut dari tempat acara. Akhirnya gw diboncengin lagi sama Ruhin menuju destinasi kedua. Air Terjun Sendang Gile. Sepanjang perjalanan, gw pandangi langit biru yang bersih dari segala polusi sambil mikir.

Jadi sebelum berangkat ke Lombok ini, gw bilang kan ada beberapa hal dan pertanyaan di otak gw. Salah satunya soal masa depan khususnya soal nikah. Ya ga munafik di usia gw yang sekarang mau gamau harus udah mulai berpikir bahkan harus mulai action ke arah sana. Ada beberapa ketakutan gw untuk hal tersebut (nikah) bukan gw takut gw ga laku. Gw ganteng ko ahaha tapi gw takut dengan segala biaya dan kehidupan setelah nikah nanti.

Biarpun kata orang rejeki nikah dan berkeluarga itu pasti ada dari Yang Maha Kuasa, tapi tetep aja kali kepikiran mah. Apalagi dengan status gw yang freelance gini, dimana pemasukan belum pasti tiap bulan bakalan ada apa engga. Kaya jadi momok gitu tapi baru hari pertama di sini satu pertanyaan dan kegundahan hati gw terjawab. Sebenernya nikah itu engga perlu mewah mewah, di gedung lah, siapin ini itu lah, bridal shower (apa coba itu -__-) sederhana pun bisa ko kalo nikah.

Belum sampai di Air Terjun Sendang Gile, gw sempet nanya sama Ruhin
               “Hin, kalo acara nikahan di sini tuh udah pasti gitu yah?”
Ruhin ngejelasin, sebenernya ada beberapa acara laiinya kaya Nyongkolan kalo ga salah namanya dan ada satu lagi yang gw lupa namanya. Dua acara tersebut bisa dikatakan pesta pernikahan khas Lombok. Tapi acara tersebut engga wajib dilaksanakan, tergantung dari kemampuan dari kedua mempelai.

Ga kerasa sampai juga gw di Air Terjun Sendang Gile, airnya luarbiasa enaak dan segar, ga sabar gw masuk air buat dinginin kepala gw yang udah agak panas karena dipakai berpikir pas di perjalanan tadi. Kebiasaan gw kalo mandi di air terjun gini pasti cuma bentar karena dingin ahahaah abis itu ya ngopi ngopi aja deh. Oh iya di sini banyak banget Bule yang berkunjung karena emang letaknya di Senaru, salah satu pintu pendakian ke Gunung Rinjani juga



Sore datang menjemput, langit yang tadinya biru cerah perlahan berubah jadi jingga. Sinar matahari lembut menghangatkan tubuh yang kedinginan. Akhirnya gw sama Ruhin pulang menuju desa Sajang. Sore itu, kegundahan hati ini ikut terbang bersama angin yang bertiup riuh rendah. Ternyata menikah itu engga serumit apa yang gw bayangkan, ga perlu memaksakan. Kaya dua acara pesta yang ga wajib dilaksanakan itu yang sebelumnya di ceritain Ruhin. Semua harus sesuai dengan kemampuan. Kalo mampu ya laksanakan, kalo engga cukup adakan yang sederhana

Terimakasih Tuhan, Engkau telah memberikan satu kunci jawaban yang sedari malam gw coba cari diantara bintang-bintang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Pertama

Minggu sore, gw akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan komunitas PARKOUR Bogor. wahahaha apalagi nih parkour? oke parkour adalah : "sebuah seni bergerak dan metode latihan natural yang bertujuan untuk membantu manusia bergerak dengan cepat, efisien, dan halus dengan hanya menggunakan tubuhnya untuk beradaptasi terhadap rintangan yang ada di lingkungannya.” dikutip dari bukansekedarloncatloncat.tumblr.com mungkin sebagian teman teman ada yang belum tau tentang parkour atau ga tau parkour itu kaya gimana. pernah nonton film "Yamakasi" atau "D-13" ga? tuh yang kaya gitu tu parkour teh. kalo ga pernah nonton filmya buka youtube aja deh yaa. hahaha dari film dan video yang bisa teman teman cari dan akhirnya

Pendakian Gn. Gede, 18 - 20 Mei 2012

Ketua Pendakian              : Tegar P.K /Lele/SS-880337-BK Anggota Pendakian         : 1. Prima (Donny)/Estep/SS-880329-BK 2. Denny R/Tonkhi/SS-880331 3. Amanda (Manda)/Lunidus/SS-880332-BK 4. Fadlia Pari/Docin/SS-880333-BK 5. Adam D/Kadek/SS-880339-BK 6. Iftikhor F (Ihor)/Mili/SS-880341-LF Prolog                 Setelah sekian lama gw ga pernah naik bareng sama anak anak PPRPG (Perhimpunan Penempuh Rimba Pendaki Gunung) Satya Soedirman, organisasi gw saat gw pas SMA, tepatnya tanggal 18 – 20 Mei 2012 kemarin kita naik bareng lagi. Heeem terakhir naik sama mereka, khususnya anak anak angkatan gw (Banyu Karikil) itu pas kita bareng bareng ke Ciremai. Tepatnya 2 tahun yang lalu. Sayaangnya, pendakian kali ini kita belum di kasih kesempatan untuk mendaki gunung seangkatan lagi. Meskipun ga seangkatan, seengganya pendakian kali ini bisa menjadikan obat penawar rindu gw nn’ Gw                                  Doni Deni                          Adam

Senandung Pagi Dewi Anjani

Halo semua, sudah lama ternyata gw engga nulis kelanjutan cerita pas kegiatan di Lombok, tepatnya desa Sajang. Tulisan ini bukan sambungan dari cerita sebelumnya. Ini merupakan cerita kunjungan gw, Ginanjar, Kak Lola, Apel, Kang Iqbal dan Zahra ke Lombok dalam rangka jadi relawan. Jadi relawan? Mungkin beberapa orang bakalan berpikir ko baru sekarang jadi relawannya? Yaa untuk berbuat baik engga ada kata telat toh. Selain itu, kita ke sini untuk membantu mengembalikan semangat anak-anak dan petani kopi di Desa Sajang ini. Sedikit cerita, jadi tim kami ini sudah berada di Lombok dari tanggal 16 dan memulai kegiatan tanggal 17 ke Lombok Utara dan selanjutnya kegiatan kami berfokus di daerah Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Gw sendiri baru merapat ke Lombok pada tanggal 22 Oktober 2018. Oh iya tim kami ini ada Ginanjar, mahasiswa dari Jogja yang sebelumnya memang sudah jadi relawan di Lombok ini ketika gempa mengguncang. Ada juga sepasang suami istri yang sangat mengisnpir