Langsung ke konten utama

Sebuah Pekerjaan, Sebuah Perjalanan : Bagian 3. Sebuah Kejujuran dan Keinginan


Ini merupakan cerita ketiga gw ketika gw di Lombok, gw lupa untuk tanggal pastinya. Yang jelas ini cerita gw lapi inspeksi lahan petani.

Sedikit cerita tentang pekerjaan gw sebagai fasilitator pertanian organik, gw bakalan jabarin garis besarnya aja yah. Jadi kerjaan gw itu ngasih materi tentang pertanian organik. Mulai dari pengertian pertanian organik itu apa, landasan hukumnya apa, standar atau aturan dasarnya untuk bisa dapet sertifikasi apa aja. Selain itu tugas gw juga memastikan kalo semua persyaratan untuk bisa di sertifikasi dijalankan sama-sama bapak petani nya.

Salah satu syarat untuk bisa di sertifikasi itu, para petani harus bisa membuat ICS (Internal Control System) yaa intinya kalo bahasa serderhananya itu kelompok tani lah. Tapi untuk peraturan pertanian organik ini, kelompok tani harus punya sebuah sistem untuk mengkontrol para petani nya dalam menjalankan praktek-praktek di kebun secara organik. Nah ada tuh namanya Inspeksi Internal. Ya namanya inspeksi berartikan ada penilaian dari orang yang netral, oleh karena itu, ditunjuklah seorang inspektor internal dari kelompok tani.

Inspektor internal ini, tugasnya itu datang ke setiap lahan petani dan menilai terus wawancara gitu sama petaninya. Yaa kaya detektiflah yaah ahaha ini bukan soal sok-sokan menilai tapi ini salah satu upaya kerjasama antar petani dalam kelompoknya. Oh iya gw belum ngenalin kelompok tani di Sajang ini yah. Kelompok tani di desa Sajang ini namanya kelompok tani Gerok Sokong.
               “ Sokong kanan, sokong kiri. Sokong terus sob!”

Kelompok tani gerok sokong punya tiga orang inspektor. Pak Sumendi, Pak Abdin, sama Pak Sujono. Sekilas namanya kaya orang Jawa yah tapi mereka orang Sasak asli ko. Alhamdulillah, sejak kunjungan pertama sampai kunjungan kedua ini mereka bertiga sudah beberapa kali inspeksi lahan dan setelah gw liat formulir inspeksi internalnya udah cukup baik. Oh iyaa, formulir inspeksi internal itu kaya kuisioner gitu.



Masih ada sekitar 22 lahan lagi yang belum terinspeksi (masih -__-) tapi segitu ya alhamdulillah beberapa udah sama para inspektor internal, kalo engga mah masa gw kunjungan kedua ini harus keliling lahan sebanyak 57 lahan ahaha meong daaaaah. Di awal pertemuan gw sudah menyusun jadwal inspeksi lahan barengan dengan Pak Edi sebagai ketua kelompok, Pak Sumendi dan Pak Abdin. Pak Sujono katanya minggu-minggu ini ga akan bisa karena beliau lagi di Mataram. Lalu pak Abdin juga ijin karena masih banyak yang harus dikerjakan. Okelaah berarti gw nanti bakalan inspeksi lahan bareng sama Pak Sumendi.

Pagi-pagi gw bangun dan ternyata pak Sumendi sudah menunggu di Berugak sedari tadi. Semalem gw sudah janjian emang sama pak Sumendi kita bakalan berangkat agak pagi tapi ternyata gw kecapean karena malemnya gw harus beresin dokumen-dokumen ICS. Mandi dan sarapan lah gw buru-buru dan akhirnya kita berangkat. Gw berangkat sama Ruhin, Pak Sumendi dan Odax. Pertama ke lahan siapa teh gw lupa ahaha pokoknya kita ketemu sama pak Petani di lahannya.




Sampai di lahan, Pak Sumendi langsung melihat-lihat sekitar kebun sedangkan gw duduk ngbrol-ngbrol sama bapaknya. Si bapak cerita bahwa lahannya ini baru di beli pas tahun 2016 kemarin. Tiba-tiba beliau nanya kalo misalnya hasil inspeksi ini ga sesuai degan kriteria lahan untuk pertanian organik gimana. Ya gw jelasin aja kalo buat sekarang berhubung ini baru, gapapa kalo emang belum sesuai dengan standar pertanian organik yang penting ke depannya harus diperbaiki.

Gw bilang aja gini
“Salah gapapa pak, Bohong yang ga boleh. Soalnya nanti kalo bohong repot pak”
“Iya, Mas Tegar. Insya Allah kita semua di sini jujur biar bisa maju kita” jawab Bapak

Terus gak lama pak Sumendi datang, dimulailah sesi wawancara. Pak Sumendi dengan membawa formulir inspeksi internal dan pulpen dengan terbata-bata membaca beberapa pertanyaan dari lembar formulir dan tangannya suka gemetaran ketika akan menulis jawaban dari bapak petani yang sedang di inspeksi.

“Mas Tegar, maaf yah mas lama. Saya kurang pede kalo buat baca tulis jadinya kalo inspeksi lahan gini agak lama.” Kata Pak Sumendi.
“Iya Gapapa pak santai” jawab gw
“Apakah bapak menggunakan karung yang bersih dari kontaminasi bahan agrokimia dan bukan bekas pakan ternak untuk mengangkut hasil panen?” sambil terbata-bata baca kalimatnnya pak Sumendi bertanya sama bapak Petani yang lagi di inspeksi

“Nih ya saya jujur aja, Mas Tegar ini saya jujur loh ya Mas. Saya masih pake karung bekas pakan ayam mas kalo buat panen mas. Itu gimana mas?” kata si bapak Petani
“Oh gitu, yang kemarin gapapa pak. Yang penting bapak ke depannya harus pake karung yang bersih pak. Ga harus baru pak, yang penting bersih. Karung lama juga gapapa pak asal di cuci” gw coba jelasin sama bapaknya
“Ah kalo gitu beli baru aja kali yah buat pertama terus nanti karungnya di simpen dan kalo mau di pake di cuci dulu” tambah si Bapak Petani

Ya jawaban si Bapak pun ditulis oleh pak Sumendi di formulir inspeksi internal nya. Luar biasa, gw salut banget sama bapak ini. Dia jujur mau bilang kalo dia pake karung bekas pakan ayam. Padahal mah kalo mau nilai inspeksi nya bagus kan tinggal bilang aja kalo dia pake karung baru. Salut gw, jauh dari kota gini nih, karakter orangnya bener bener jujur apa adanya. Gw pun harus gitu, harus jadi orang yang jujur-sejujur jujurnya.

Setelah selesai inspeksi lahan, kita tuh akhirnya pulang ke desa. Sampai kita di Beruga desa, di sana ngasoh dulu gw, dan tiba-tiba pak Sumendi bilang

“Mas Tegar, makasih yah mas tegar datang ke sini tuh saya seneng banget. Soalnya kalo ada mas Tegar saya bisa belajar banyak gimana jadi inspektor internal. Kemarin pas pertama mas Tegar ke sini sama Mbak Cika kan saya ngajuin diri tuh mas buat jadi Inspektor Internal. bukan apa apa mas, saya pengen jadi Inspektor Internal tuh supaya saya bisa punya waktu buat belajar baca dan tulis. Maklum mas, SD aja saya ga beres”

Deeeerrrrrr, gw kaya di abis dibakar pake bara api terus di banjur air sedingin air pegunungan -__- ga jerejes kalo kata orang sunda mah. Eh tapi serius gw langsung tiba-tiba merinding. Luar biasaaaa, bapak Sumendi ini, keinginan nya beliau untuk belajar sungguh besar. Biarpun di akses sarana dan informasi di sini masih sangat kurang, ditengah-tengah keterbatasan beliau masih pengen belajar.

Gw bener-bener takjub, sebelum ke Sajang ini salah satu pertanyaan dan ketakutan gw adalah apakah gw bisa ngembangin sistem pemetaan menggunakan drone ini? Pertanyaan apakah gw bisa terus konsisten buat belajar soal drone itu? Ada sebuah keraguan dan rasa mentok untuk belajar dan ngembangin pengetahuan gw tentang drone. Tapi lagi lagi Yang Maha Kuasa menunjukan dengan Cara-Nya. Gw yang biasa tinggal di kota, akses informasi sangat mudah, sarana menunjang ko malah pengen nyerah untuk belajar. Berbanding tebalik dengan pak Sumendi dengan segala keterbatasannya beliau dengan semangatnya terus belajar

“Pak, sebenernya saya yang banyak belajar sama bapak” Ujar gw dalam hati sambil berusaha nahan gejolak perasaan ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Pertama

Minggu sore, gw akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan komunitas PARKOUR Bogor. wahahaha apalagi nih parkour? oke parkour adalah : "sebuah seni bergerak dan metode latihan natural yang bertujuan untuk membantu manusia bergerak dengan cepat, efisien, dan halus dengan hanya menggunakan tubuhnya untuk beradaptasi terhadap rintangan yang ada di lingkungannya.” dikutip dari bukansekedarloncatloncat.tumblr.com mungkin sebagian teman teman ada yang belum tau tentang parkour atau ga tau parkour itu kaya gimana. pernah nonton film "Yamakasi" atau "D-13" ga? tuh yang kaya gitu tu parkour teh. kalo ga pernah nonton filmya buka youtube aja deh yaa. hahaha dari film dan video yang bisa teman teman cari dan akhirnya

Pendakian Gn. Gede, 18 - 20 Mei 2012

Ketua Pendakian              : Tegar P.K /Lele/SS-880337-BK Anggota Pendakian         : 1. Prima (Donny)/Estep/SS-880329-BK 2. Denny R/Tonkhi/SS-880331 3. Amanda (Manda)/Lunidus/SS-880332-BK 4. Fadlia Pari/Docin/SS-880333-BK 5. Adam D/Kadek/SS-880339-BK 6. Iftikhor F (Ihor)/Mili/SS-880341-LF Prolog                 Setelah sekian lama gw ga pernah naik bareng sama anak anak PPRPG (Perhimpunan Penempuh Rimba Pendaki Gunung) Satya Soedirman, organisasi gw saat gw pas SMA, tepatnya tanggal 18 – 20 Mei 2012 kemarin kita naik bareng lagi. Heeem terakhir naik sama mereka, khususnya anak anak angkatan gw (Banyu Karikil) itu pas kita bareng bareng ke Ciremai. Tepatnya 2 tahun yang lalu. Sayaangnya, pendakian kali ini kita belum di kasih kesempatan untuk mendaki gunung seangkatan lagi. Meskipun ga seangkatan, seengganya pendakian kali ini bisa menjadikan obat penawar rindu gw nn’ Gw                                  Doni Deni                          Adam

Senandung Pagi Dewi Anjani

Halo semua, sudah lama ternyata gw engga nulis kelanjutan cerita pas kegiatan di Lombok, tepatnya desa Sajang. Tulisan ini bukan sambungan dari cerita sebelumnya. Ini merupakan cerita kunjungan gw, Ginanjar, Kak Lola, Apel, Kang Iqbal dan Zahra ke Lombok dalam rangka jadi relawan. Jadi relawan? Mungkin beberapa orang bakalan berpikir ko baru sekarang jadi relawannya? Yaa untuk berbuat baik engga ada kata telat toh. Selain itu, kita ke sini untuk membantu mengembalikan semangat anak-anak dan petani kopi di Desa Sajang ini. Sedikit cerita, jadi tim kami ini sudah berada di Lombok dari tanggal 16 dan memulai kegiatan tanggal 17 ke Lombok Utara dan selanjutnya kegiatan kami berfokus di daerah Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Gw sendiri baru merapat ke Lombok pada tanggal 22 Oktober 2018. Oh iya tim kami ini ada Ginanjar, mahasiswa dari Jogja yang sebelumnya memang sudah jadi relawan di Lombok ini ketika gempa mengguncang. Ada juga sepasang suami istri yang sangat mengisnpir