Langsung ke konten utama

Primitive Runaway (Tn. Ujung Kulon 25-29 Januari 2013) Part 6. End!



Malam ini kita semua tidur di ruang tengah rumah pak Sorhim, tapi gw engga bisa tidur karena banyak banget nyamuk yang berterbangan disekitar kita ahaha. Parah banget deh  nyamuknya. Lebih parah nyamuk di rumah Pak Sorhim daripada nyamuk yang di Karang Ranjang. Sayup-sayup gw denger Agna masih ngobrol sama pak Sorhim, dan Pak Sorhim beberapa kali mencoba nelfon supir Elf untuk angkutan kita besok pulang. Tiba-tiba sehabis pak Sorhim beres nelfon, Agna langsung masuk ke dalam rumah membawa kabar burung sialan.

Kabar burung yang dibawa Agna ini sungguh sangat buruk, untuk besok itu engga akan ada angkutan yang pukul 11.00 tapi adanya yang pagi buta pukul 04.00. Gilaaaaaa, bener-bener gila. Jadi nanti subuh-subuh kita harus udah bangun dan sudah siap pulang, sedangkan anak-anak belum dikasih tau. Takutnya karena yang lain berpikir kita bakalan naik yang pukul 11.00, jadinya pada bablas aja -__- kan ga lucu juga kalo nginep sehari lagi di sini ahaha.

Agna langsung menyetel alarm pukul 02.30 di semua hape yang ada alarm nya (emang ada ya hape yang engga ada alarmnya?) selagi dia menyetel alarm, gw pun keluar lagi, ke teras depan rumah pak Sorhim. Gw pikir, gw engga usah tidur deh daripada nanti engga ada yang bangun. Gw ngobrol lagi sama pak Sorhim. Ngobrol soal badak, dan ternyata beliau kenal dengan beberapa dosen gw di kampus. Banyak ngobrol soal badak, membuat gw tertarik dengan satwa ini. Mungkin nanti penelitian gw mau bahas soal badak kali yaa (masih jauh)

Jam terus berputar, nyamuk-nyamuk dengan setia berada di sekitar badan. Serius ini mah bener-bener banyaaaaaak banget nyamuknnya. Tinggal gw sendirian di luar, yang lain pada (mungkin) tidur. Tapi gw engga yakin mereka pada bisa tidur nyenyak. Girin sempet ke teras depan, Agna sama Razi di dalem, yang cewe-cewe nya riweuh sama nyamuk. Malam yang luar biasa ahaha.


Selasa, 29 Januari 2013

Akhirnya gw memutuskan untuk engga tidur malam, tidurnya nanti aja pas di angkutan menuju serang. Lumayan loh 6 jam perjalanan. Mending  tidur daripada bosen di dalam angkutan ahaha. Pukul 02.15 gw mulai bangunin anak-anak yang lain, gampang banget di banguninnya, soalnya emang pada engga nyenyak tidurnya. Kecuali girin yang sempet ngigo manggil si Agna dan Ayu, untung aja engga diabsen satu-satu semuanya.


Beres-beres tempat kita tidur, bergantian cuci muka ke kamar mandi dan akhirnya kita siap untuk berangkat. Pergi meninggalkan Ujung Kulon yang sedikit banyak telah memberikan pengalaman yang berharga buat kita semua. Pamitan sama keluarga pak Sorhim dan dengan pak Sorhimnya yang sudah sangat baik menyambut kedatangan 7 orang riweuh ini. Kita pun jalan menuju resort Legon Pakis, tempat pertama kita nginep. Kenapa? Soalnya mobilnya engga bisa sampai ke Ujung Jaya, jadi terpaksa kita jalan dulu setengah jam.

Pagi buta seperti ini, 7 anak manusia dalam gelap di temani bintang dan bulan yang cantik menuju Legon Pakis. Angin bertiup agak kencang, membuat nyiur melambai. Ini bagian yang paling engga gw suka dari sebuah perjalanan. Bagian dimana gw harus pergi ninggalin tempat yang indah dan nyaman dan balik lagi untuk menghadapi rutinitas seperti biasa. Biarpun hari ini gw pergi, setidaknya gw udah nyimpen sekeping hati gw di hamparan pasir Karang Ranjang, dan mungkin suatu saat nanti gw bakalan balik lagi kesana buat ngecek sekeping hati yang telah gw tinggalkan itu.

Sebelum berangkat meninggalkan Ujung Kulon

Pukul 04.00 tepat kita udah sampai di Legon Pakis, ternyata mobilnya sudah ada, selain kita ternyata di Legon Pakis juga sudah ada beberapa orang yang mau menumpang dalam mobil angkutan ini. Tanpa berpikir lama kita pun langsung masuk ke dalam mobil Elf tersebut. Barang-barang kita semua diikat di atas mobil. Jadi lumayan nyaman deh kita duduknya. Gw duduk di pojok dekat jendela, dan jendelanya sedikit gw buka supaya gw bisa merasakan angin Ujung Kulon ini terakhir kali pada liburan kali ini.

Melihat keluar jendela, music player bulan dan bintang
Suara mesin mulai menderu, dan akhirnya pergi berlalu
Sama seperti kamu

Ada yang beda dari angkutan di Ujung Kulon ini, sang supir ternyata selalu menelfon orang –orang yang sudah membuat janji dengan dirinya untuk menaiki mobilnya pagi ini. Tak jarang si supir tuh langsung turun mengetuk pintu rumah orang-orang yang sudah buat janji. Jadi sudah dapat dipastikan engga akan ada cerita ketinggalan angkutan kalo sudah membuat janji dengan si supir sebelumnya. Pagi ini, sebelum gw tidur di angkutan ini, gw kaget dan sedikit tertampar. Di ujung barat pulau Jawa ini, pukul setengah 5 pagi sudah ada anak sekolah berseragam SMA di angkutan ini. Yaa, dia mau pergi ke sekolah. Semangat yang luar biasa. Jarak engga membuat dia berhenti untuk terus belajar.

Setelah melihat anak sekolah tersebut, pandangan gw alihkan keluar jendela. Di luar bintangnya banyak dan langit mulai terang, tandanya sang surya akan datang menjelang. Angin sejuk yang mengusap wajah gw pun nambah suasana makin syahdu dan mata pun semakin berat. Akhirnya gw tertidur, biarpun sebenernya gw tipe orang yang susah tidur kalo lagi di jalan. Tapi gimana engga tidur dari semalem belum tidur ahaha.

Setalah beberapa lama, mata gw pun terbuka, sinar matahari membuat mata ini sedikit silau, pendengaran pun mulai bekerja normal. Deru mesin kendaraan, suara obrolan orang-orang dalam kendaraan mulai terproses dalam otak gw. Ternyata gw sudah berada di tengah kota. Tengok kanan-kiri dan ternyata anak-anak juga baru pada bangun keliatannya. Dari perkiraan gw sih engga bakalan lama lagi kita sampai di Serang.

Bener, kira-kira setengah jam dari bangun, kita sampai di terminal Pakupatan Serang, kalo engga salah waktu itu pukul 10 lewat. Masih pagi ternyata, tapi sumpah engga banget cuacanya, lembab dan gerah. Membereskan pembayaran dengan pak supir Elf dan si pak supir ini juga minta di promosikan ke teman-teman gw yang lainnya kalo-kalo nanti ada yang mau berangkat ke Ujung Kulon juga

Sembari nunggu bis yang bakalan ngangkut 7 orang riweuh ini, kita semua makan dulu. Makan doclang yang ada di terminal. Yaa itung-itung ganti sarapan yang terlewatkan tadi pagi. Dari informasi yang dihimpun, katanya sih bakalan ada bis yang menuju Bogor jam 11, tapi sayangnya itu wacana belaka. Bisnya lamaaaaa banget engga datang-datang. Terpaksa kita menikmati waktu bersama di terminal Pakupatan Serang.

Bawa tas gede-gede, dandanan udah engga jelas, kusut semua dan belum pada mandi. Bener-bener kaya anak ilang kita semua di terminal. Tapi sumpah yaa, biarpun engga kece banget kaya sekarang, gw suka terlihat seperti ini, menandakan bahwa kita bener-bener petualang ahaha (pembenaran). Jam besar terminal pun tertawa, menertawakan keterdamparan kita di terminal ini menuggu yang tak pasti. PHP banget tadi ada calo yang bilang bis datang jam 11.
Bergaya di terminal
Lusuh
Kaya Anak ilang ahahah
Gaya aja dulu xp


Berbagi dalam perjalanan
Efek kelaparan

Bener-bener udah engga sabar buat pulang. Akhirnya bisnya datang, datang sih tapi engga jam 11, bukan jam 12 juga. Tapi sekitar pukul 13.00-13,30 lah. Senang rasanya saat melihat bis ini datang. Kita pun langsung menghambur masuk ke dalam bis. Udah kaya ikan asin di terminal, masuk bis yang pake AC itu bener-bener kaya nemuin oase di padang pasir. Perjalanan pun dilanjutkan menuju Bogor kota hujan. Lagi-lagi di perjalanan ini gw tidur, kecapean juga sih dari kemarin jadi gampang tidur.

Tak terasa bis Arimbi memasuki kota Bogor, senang rasanya bisa kembali ke Bogor tanpa kekurangan apapun. Sore yang cerah dan perut yang lapar membuat kita buru-buru menuju kampus. Rencananya kita bakalan makan bareng di sekitaran kampus. Razi engga bisa ikut, soalnya dia sudah ada agenda lainnya. Jadi tinggal berenam. Kita pisah di Jembatan Merah. Lapar yang dirasa ini bener-bener luarbiasa. Ya dari pagi tadi cuma baru makan doclang doang gimana engga kelaparan coba.

Pemandangan pohon-pohon kelapa, bentangan sawah, rawa dan pantai telah berganti dengan warung-warung sempit di pinggir jalan yang sempit. Sebuah pemandangan yang tak aneh, yaa selamat datang di Bara. Sampai juga kita akhirnya ahaha. Tanpa basa-basi kita langsung masuk ke rumah makan masakan Padang. Emang kalo lagi lapar tingkat dewa kaga gini emang paling pas makan masakan Padang.

Semua terkecuali Agna yang misah dia pulang ke kostan duluan makan penuh nafsu. Brutal. Bahkan sampai Ayu yang pas di Ujung Kulon makannya sedikit aja sampai nambah loh. Bener-bener lapar tingkat dewa. Beres makan kita ke sekret PP. Istirahat disana, coba buat untuk repacking barang-barang yang sempet tersebar atau dititipkan. Akhirnya perjalanan kita pun beres. Bener-bener beres.

Perjalanan kali ini beres tapi perjalanan lainnya baru akan dimulai. Perjalanan mengarungi dunia perkuliahan, dan tentunya perjalanan-perjalanan ke tempat-tempat eksotis lainnya. Ini baru permulaan, ya gw yakin ini baru permulaan. Masih banyak cerita yang akan kita jalani bersama. Terimakasih kawan. Banyak hal baru yang gw dapatkan dari perjalanan kali ini. Pulang kerumah sendirian, membuat gw sadar betapa beruntungnya gw bisa melewatkan waktu bersama mereka, berbagi pengalaman dan mengukir kenangan yang tak akan terlupakan.

Terimakasih untuk Tuhan semesta alam yang telah memberikan anugerah dan kesempatan sehingga kami dapat menikmati keindahan alam-Nya
Terimakasih untuk orangtua yang rela membiarkan anaknya pergi jauh untuk menghabiskan waktu dan uang. Bapak Sorhim yang setia menemani dan membantu kami, terimakasih banyak pak. Untuk Kepala Balai TN. Ujung Kulon, bapak yang jemput kami di terminal, dan penjaga resort Legon Pakis atas fasilitas yang telah disediakan. Terimakasih banyak juga untuk Kak Lola yang sudah mengenalkan kami kepada Pak Sorhim.

Untuk teman-teman seperjalanan terimakasih banyak. Terimakasih untuk Tanti dan Girin yang dari awal meng”create” acara ini. Terimakasih untuk Agna, Ama dan Ayu atas keceriaan yang kalian berikan dalam perjalanan ini. Dan terimakasih banyak buat Razi yang menulis jurnal dari perjalanan ini. Terimakasih untuk kalian. I salute you all!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Pertama

Minggu sore, gw akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan komunitas PARKOUR Bogor. wahahaha apalagi nih parkour? oke parkour adalah : "sebuah seni bergerak dan metode latihan natural yang bertujuan untuk membantu manusia bergerak dengan cepat, efisien, dan halus dengan hanya menggunakan tubuhnya untuk beradaptasi terhadap rintangan yang ada di lingkungannya.” dikutip dari bukansekedarloncatloncat.tumblr.com mungkin sebagian teman teman ada yang belum tau tentang parkour atau ga tau parkour itu kaya gimana. pernah nonton film "Yamakasi" atau "D-13" ga? tuh yang kaya gitu tu parkour teh. kalo ga pernah nonton filmya buka youtube aja deh yaa. hahaha dari film dan video yang bisa teman teman cari dan akhirnya

Pendakian Gn. Gede, 18 - 20 Mei 2012

Ketua Pendakian              : Tegar P.K /Lele/SS-880337-BK Anggota Pendakian         : 1. Prima (Donny)/Estep/SS-880329-BK 2. Denny R/Tonkhi/SS-880331 3. Amanda (Manda)/Lunidus/SS-880332-BK 4. Fadlia Pari/Docin/SS-880333-BK 5. Adam D/Kadek/SS-880339-BK 6. Iftikhor F (Ihor)/Mili/SS-880341-LF Prolog                 Setelah sekian lama gw ga pernah naik bareng sama anak anak PPRPG (Perhimpunan Penempuh Rimba Pendaki Gunung) Satya Soedirman, organisasi gw saat gw pas SMA, tepatnya tanggal 18 – 20 Mei 2012 kemarin kita naik bareng lagi. Heeem terakhir naik sama mereka, khususnya anak anak angkatan gw (Banyu Karikil) itu pas kita bareng bareng ke Ciremai. Tepatnya 2 tahun yang lalu. Sayaangnya, pendakian kali ini kita belum di kasih kesempatan untuk mendaki gunung seangkatan lagi. Meskipun ga seangkatan, seengganya pendakian kali ini bisa menjadikan obat penawar rindu gw nn’ Gw                                  Doni Deni                          Adam

Senandung Pagi Dewi Anjani

Halo semua, sudah lama ternyata gw engga nulis kelanjutan cerita pas kegiatan di Lombok, tepatnya desa Sajang. Tulisan ini bukan sambungan dari cerita sebelumnya. Ini merupakan cerita kunjungan gw, Ginanjar, Kak Lola, Apel, Kang Iqbal dan Zahra ke Lombok dalam rangka jadi relawan. Jadi relawan? Mungkin beberapa orang bakalan berpikir ko baru sekarang jadi relawannya? Yaa untuk berbuat baik engga ada kata telat toh. Selain itu, kita ke sini untuk membantu mengembalikan semangat anak-anak dan petani kopi di Desa Sajang ini. Sedikit cerita, jadi tim kami ini sudah berada di Lombok dari tanggal 16 dan memulai kegiatan tanggal 17 ke Lombok Utara dan selanjutnya kegiatan kami berfokus di daerah Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Gw sendiri baru merapat ke Lombok pada tanggal 22 Oktober 2018. Oh iya tim kami ini ada Ginanjar, mahasiswa dari Jogja yang sebelumnya memang sudah jadi relawan di Lombok ini ketika gempa mengguncang. Ada juga sepasang suami istri yang sangat mengisnpir