Langsung ke konten utama

I Love You, Mom !

Karena insomnia, gw sadar akan sesuatu. Gw sadar kalo kasih sayang nyokap tuh ga ada abisnya. Kenapa gw sadar dan mendorong gw untuk nulis postingan kali ini. Gini ceritanya.

Insomnia gw akhir-akhir ini semakin menjadi. Selalu aja gw tidur di atas jam 3 pagi buta. Kesel dan cape gw lama-lama kaya gini. Bisa-bisa gw mati mendadak gara-gara ga bisa tidur(lebay mode : on). Gw selalu tidur kalo nyokap gw udah bangun jam setengah 3 pagi. Ya, nyokap gw selalu bangun setengah 3 pagi untuk mempersiapkan segalanya, mulai dari sarapan, beres-beres rumah dan juga memasak masakan untuk di jual di warung Uwa(nyokap saudara gw) gw. Jadi nyokap gw berdagang makanan jadi di sebuah kios Uwa gw di pasar deket rumah gw. Nyokap udah dagang gitu sejak 2 tahun lalu. Awalnya nyokap cuma bantu Uwa gw jaga kiosnya yang jualan bahan-bahan sembako karena nyokap males kalo di rumah sendirian soalnya anak-anaknya pada sekolah pagi(waktu itu gw masih SMA). Ga tau dapet ide dari mana nyokap juga akhirnya buka usaha masakan jadi.

Alesan nyokap berjualan, selain ngisi waktu juga untuk nambah-nambah pemasukan dalam keluarga gw. Gw akuin keluarga gw agak kurang dalam hal finansial
secara bokap gw cuma karyawan swasta yang hasil gajinya di pakai buat bayar SPP ade gw, listrik, dan macem macemnya. Jadi hasil penjualan nyokap tuh buat sehari-hari kaya ongkos ade gw, uang jajan gw dan sebagainya. Ga seberapa emang tapi itu cukup meski kadang gw suka minder dan takut ngerepotin temen-temen gw kalo gw main cuma bawa uang pas buat ongkos pulang sama pergi doang. Tapi, gw ga pernah malu untuk mengakui kalo nyokap gw dagang gitu, gw ga pernah malu buat ngakuin kalo keluarga gw masih bisa di bilang kurang meski ga kurang banget.

Orang pertama yang bangun dirumah gw adalah nyokap gw. Hal yang pertama beliau lakukan adalah ngecek gw ke kamar, udah tidur atau belum. Nyokap tau gw ga bisa tidur, pernah nyokap bilang "Gar, kamu tidur jam 10 dong. Kalo mau tidur jangan mikir macem-macem. Tenang aja semua ada jalannya ko. Berdoa". Nyokap keliatannya tau kalo gw ga bisa tidur karena gw kecewa ga kuliah, gw sedih kehilangan temen-temen gw, dan terlalu banyak hal yang gw takutin di hari esok. Padahal gw ga pernah cerita apa-apa ke nyokap gw tentang perasaan gw. Gw ga mau ngebebanin nyokap dengan segala perasaan gw yang galau.

Nyokap selalu masuk kamar gw dan manggil nama gw, tapi gw selalu pura-pura tidur. Gw ga pernah mau bikin nyokap gw sedih karena keadaan gw yang sekarang jadi gw lebih baik pura-pura tidur. Kadang-kadang nyokap suka ngebetulin letak selimut gw, kadang juga suka nyabut charger hp gw, atau ngelepas headset hp gw yang suka belibet atau kadang nyokap cuma duduk di sebelah gw sambil ngusap rambut gw. Jujur, tiap kaya gitu gw selalu pengen nangis dan mencurahkan kesedihan gw sama nyokap tapi gw ga bakal pernah ngelakuinnya, gw ga mau nyokap tambah sedih karena kesedihan yang gw ceritakan. Aneh nya, setiap nyokap tutup pintu kamar gw dan ke dapur gw selalu tidur ga lama setelah itu.

Pagi setelah gw bangun, sekitar jam 9 an pasti nyokap sms. Nanya gw udah bangun atau belum, ngasih tau nyokap udah bikinin apa buat sarapan gw. Nanya gw hari mau ngapain aja. Nyokap selalu gitu tiap pagi. Karena dari pagi sampai siang nyokap selalu di pasar. Sekitar jam 2 siang pasti nyokap udah pulang kerumah. Hal yang pertama di tanyain ke gw pasti nanya gw udah makan belum, atau nanya mau makan siang apa ke gw. Emang dia antara anak-anaknya, gw yang paling pilih-pilih makanan. Kalo makanannya ga begitu gw suka gw selalu minta di suapin. Setelah makan siang, nyokap pasti langsung sibuk di dapur buat nyiapin bahan-bahan masakan buat besok. Jadi di siapin dulu segalanya jadi nanti pagi buta tinggal di masak.

Abis magrib pasti nyokap masak lagi buat makan malam. Gilaaaa, gw ga kebayang deh gimana capenya nyokap buat mencari uang tambahan untuk anak-anaknya. Malem kalo gw bete dirumah gw selalu ke warkop, nyokap udah tau gw mau kemana jadi pas gw di warkop, nyokap pasti sms. Ngingetin supaya gw ga usah minum kopi karena nyokap takut gw ga bisa tidur. Pulang dari warkop pasti nyokap gw udah tidur. Kadang nyokap suka tidur diruang tengah sambil nonton tv. Kecapean kali setelah seharian beraktifitas. Nanti jam 3 pagi udah bangun lagi. Gitu aja berulang-ulang kegiatan nyokap gw, ga kenal hari.

Dari sini gw sadar, betapa nyokap pengan ngebahagian anak-anaknya. Gimana perhatiannya dia sama gw yang sekarang lagi berada dalam keterpurukan. Nyokap selalu minta gw buat sabar, apalagi sabar dengan keadaan finansial keluarga. Nyokap selalu minta gw jangan pernah ngelihat ke atas (orang-orang berada). Nyokap selalu minta gw jangan malu dengan keadaan keluarga karena nyokap tau temen-temn gw kebanyakan dari  orang-orang berada. Nyokap pernah bilang "Gar, mama juga pengen banget bisa ngasih uang lebih buat kamu. Supaya kamu bisa beli apa yang kamu pengen. Supaya kamu bisa punya apa yang kamu harapin. Kamu pengen apa, Gar? Insya Allah nanti mamah beliin kalo ada rejeki. Sabat ya Gar"
waktu itu gw cuma jawab "Ga ada mah, aa(panggiln gw dirumah) ga pengen apa-apa" Sebenernya banyak banget yang gw pengen, wajar sifat manusiawi kan kaya gitu pengen segalanya. Tapi gw jawab itu karena gw ga mau ngebebanin nyokap. Nyokap gw ngomong kaya gitu ga sekali-dua kali. Mungkin nyokap berusaha ngehibur gw yang sedih karena gw ga kuliah.

Dan demi kemuliaan hati nyokap dan surga yang ada di telapak kaki nyokap, gw bakal belajar serius, gw bakal berjuang masuk PTN dengan biaya masuk semurah mungkin. Semurah murahnya. Gw bakal berjuang buat diri gw sukses supaya nanti gw yang bisa nanya ke nyokap "Mah, mamah pengen apa?"

Mom, I Love You Mom. Thank you for everything you give to me. You are my guardian angle

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Pertama

Minggu sore, gw akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan komunitas PARKOUR Bogor. wahahaha apalagi nih parkour? oke parkour adalah : "sebuah seni bergerak dan metode latihan natural yang bertujuan untuk membantu manusia bergerak dengan cepat, efisien, dan halus dengan hanya menggunakan tubuhnya untuk beradaptasi terhadap rintangan yang ada di lingkungannya.” dikutip dari bukansekedarloncatloncat.tumblr.com mungkin sebagian teman teman ada yang belum tau tentang parkour atau ga tau parkour itu kaya gimana. pernah nonton film "Yamakasi" atau "D-13" ga? tuh yang kaya gitu tu parkour teh. kalo ga pernah nonton filmya buka youtube aja deh yaa. hahaha dari film dan video yang bisa teman teman cari dan akhirnya

Pendakian Gn. Gede, 18 - 20 Mei 2012

Ketua Pendakian              : Tegar P.K /Lele/SS-880337-BK Anggota Pendakian         : 1. Prima (Donny)/Estep/SS-880329-BK 2. Denny R/Tonkhi/SS-880331 3. Amanda (Manda)/Lunidus/SS-880332-BK 4. Fadlia Pari/Docin/SS-880333-BK 5. Adam D/Kadek/SS-880339-BK 6. Iftikhor F (Ihor)/Mili/SS-880341-LF Prolog                 Setelah sekian lama gw ga pernah naik bareng sama anak anak PPRPG (Perhimpunan Penempuh Rimba Pendaki Gunung) Satya Soedirman, organisasi gw saat gw pas SMA, tepatnya tanggal 18 – 20 Mei 2012 kemarin kita naik bareng lagi. Heeem terakhir naik sama mereka, khususnya anak anak angkatan gw (Banyu Karikil) itu pas kita bareng bareng ke Ciremai. Tepatnya 2 tahun yang lalu. Sayaangnya, pendakian kali ini kita belum di kasih kesempatan untuk mendaki gunung seangkatan lagi. Meskipun ga seangkatan, seengganya pendakian kali ini bisa menjadikan obat penawar rindu gw nn’ Gw                                  Doni Deni                          Adam

Senandung Pagi Dewi Anjani

Halo semua, sudah lama ternyata gw engga nulis kelanjutan cerita pas kegiatan di Lombok, tepatnya desa Sajang. Tulisan ini bukan sambungan dari cerita sebelumnya. Ini merupakan cerita kunjungan gw, Ginanjar, Kak Lola, Apel, Kang Iqbal dan Zahra ke Lombok dalam rangka jadi relawan. Jadi relawan? Mungkin beberapa orang bakalan berpikir ko baru sekarang jadi relawannya? Yaa untuk berbuat baik engga ada kata telat toh. Selain itu, kita ke sini untuk membantu mengembalikan semangat anak-anak dan petani kopi di Desa Sajang ini. Sedikit cerita, jadi tim kami ini sudah berada di Lombok dari tanggal 16 dan memulai kegiatan tanggal 17 ke Lombok Utara dan selanjutnya kegiatan kami berfokus di daerah Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Gw sendiri baru merapat ke Lombok pada tanggal 22 Oktober 2018. Oh iya tim kami ini ada Ginanjar, mahasiswa dari Jogja yang sebelumnya memang sudah jadi relawan di Lombok ini ketika gempa mengguncang. Ada juga sepasang suami istri yang sangat mengisnpir