Langsung ke konten utama

MatarMania, Mantaaaaap!!! (Catatan Perjalan @ Jatim Bag. 1)

Ini cerita perjalanan yang gw lakukan dari tanggal 12 Januari 2011 sampai dengan tanggal 19 Januari 2011. Jadi sebenernya mah ini harusnya udah gw posting dari kemarin tapi karena gw sibuk (gaya mode: on) jadi harus gw pending dulu untuk postingan ini. Ini cerita perjalanan gw pas gw lagi pergi ke Jawa Timur, untuk mendaki gunung Gn. Arjuno-Welirang, tapi karena beberapa factor (nanti bakal diceritain) akhirnya gw gagal untuk mendaki gunung tersebut. Karena banyaknya cerita yang bakal gw certain, maka gw bakal posting secara terpisah menjadi 3 bagian. Ya supaya ga pada bĂȘte aja bacanya gara-gara kebanyakan. Hehehehe so, check it out yo!

12 Januari 2011
Gw udah bangun dari jam 5 pagi, hari ini adalah hari keberangkatan gw untuk pergi mendaki Gn. Arjuno-Welirang setelah sekian lama gw ga pergi mendaki gunung. Pendakian kali ini gw lakukan bersama Wildan Nugraha a.k.a Igos Atedi (SK) dan Gilang Satrio a.k.a Blur v.Houten (BK). Dari Bogornya sih gw cuma berangkat berdua sama si Ncuy(panggilan Wildan Nugraha), soalnya kan emang si Gio kuliah di Malang.
06.04 WIB. Gw berangkat dari rumah, entah kenapa dari dulu gw rasa hari keberangkatan itu hari yang paling berat dan seru. Gw selalu diselimuti perasaan deg-degan, was-was, dan ada juga perasaan excited nya. Jadi campur aduk deh kaya gado-gado. Gw awali petualangan gw ini dengan membaca basmallah dan sebuah langkah kecil saat gw melewati pagar rumah gw, pagar yang membatasi zona nyaman gw dengan zona alam bebas di luar sana. Ya, pukul 06.04 WIb gw telah keluar dari zona nyaman gw.

Sampai di Stasiun Bogor jam 06.37 WIB, yang merupakan jam sibuk. Otomatis di St. suasananya hiruk-pikuk. Penuh dengan orang-orang yang hilir-mudik. Si Ncuy lama banget datangnya, emang sih dia udah bilang dia bakal datang ngaret. Karena pegal berdiri, akhirnya mah gw duduk ngampar di depan Dunkin Donuts yang ada di St. Bogor sambil memperhatikan sekeliling gw. Orang-orang yang sibuk berlalu-lalang. Kebanyakan mereka adalah pekerja yang bekerja keras untuk menghidupi keluarganya atau bahkan hanya untuk dirinya sendiri. Bertahan hidup di zaman serba sulit ini dan senantiasa berharap kepada Tuhan agar mereka diberikan rezeki yang sebesar-besarnya.

Ncuy bener-bener ngaret, parah emang nih, tapi ada bagusnya juga sih menurut gw, karena kalo agak siangan pasti kereta agak kosong. Ga terlalu penuh. Ncuy datang jam 07.30 WIB setelah liat jadwal kereta, kita memutuskan naik kereta ekonomi menuju ST. Kota @Rp. 3500. Keretanya berangkat jam 07.46. Perkiraan gw ternyata meleset, eh bukan meleset tapi bener-bener salah. Gw kira jam segini teh kereta bakal kosong, taunya mah sama aja. Paraaaaah. Ini sih bukan kereta ekonomi, ini kereta hewan.

Setelah kurang lebih dua jam berdesak-desakan di kereta kelas hewan tujuan Jakarta Kota akhirnya kita sampai nih di St. Kota jam 09.30. Di St. Kota gw sempet ngecek kereta Matarmaja yang akan ke Malang ada ga di St. Kota tapi ternyata ga ada, Matarmaja cuma ada di St. Pasar Senen. Akhirnya gw sama Ncuy naik angcot (angkot, biar keren aja di tulis ancot) no. 12 dengan tarif @Rp. 3.500 sampai St. Pasar Senen. Dari St. Kota cuma butuh 30 menit aja untuk sampai di St. Pasar Senen, jadi jam 10.08 WIB gw udah di St. Pasar Senen. Harap-harap cemas nih pas mau beli tiket kereta Matarmaja. Takutnya ga kebagian duduk. Alhamdulillah kita berdua dapet tempat duduk di gerbong pertama, gerbong yang paling dekat sama lokomotifnya aw. Heeem pasti berisik dah nanti di kereta, tapi gapapa deh, yang penting duduk. Di tiket ditulis kalo kereta Matarmaja ini berangkat dari St. Senen jam 14.00WIB dan sampai di Malang jam 06.05 WIB, ya semoga aja bener. Oh iya tiket Matarmaja @Rp. 51.000.

Pukul 14.01 WIB sang kereta Matarmaja pun berangkat dari St. Pasar Senen. Gw heran loh, kenapa kereta Matarmaja disebutnya kereta Ekspres Matarmaja sama petugas St. yang suka ngomong lewat pengeras suara, padahal kan Matarmaja kereta ekonomi. Kok pake ekspres ya? Oh mungkin cepet, buktinya di tiket aja sampai di Malang jam 06.05 WIB. Karena si petugas bilangnya kereta Ekspres Matarmaja, gw jadi percaya bahwa gw bakal sampai di Malang jam 6 pagi.

Ada sebuah kejadian yang bikin gw agak sedih pas lagi di kereta Matarmaja. Tepatnya jam 16.10 WIB gw denger lagunya Ebiet G. Ade yang judulnya lagunya tuh “Berita Pada Kawan” pas banget deh liriknya. “Perjalanan ini terasa sangat menyedihkan, sayang engkau tak duduk di sampingku, kawan.” Entah kenapa gw jadi langsung inget sama anak-anak SS yang lainnya. Ah gw kangen ngedaki sama mereka. Coba mereka ada di sini, bareng sama gw duduk di Matarmaja ini. Ya emang Ncuy juga anak SS, tapi kan gw juga pengen dong berangkat ramean.

BOSAN. Itu adalah musuh utama saat ada di dalam kereta seperti ini, duduk diem berjam-jam di dalam kaleng baja yang berjalan di atas rel. Hoaaam ngantuk sih gampang di kereta, tapi untuk tidur? Ga banget deh kursinya. Terlalu tegak menurut gw, jadi gampang pegel. Jangan di kira bangku di kereta ekonomi gini bisa di rebahin kaya bangku-bangku di mobil. Tapi tetep aja si Ncuy dengan gampangnya bisa tidur.

Ga banyak yang bisa gw lakukan selama gw di kereta, padahal mah gw pengen koprol. Hahaha becanda cor. Pokoknya mah bosan deh aw di kereta tuh. Mungkin gw ngerasa bosan karena gw cuma berdua kali ya? Kalo ramean mungkin seru. Kerjaan gw selama di kereta tuh tidur setengah jam, bangun terus ngerokok, beres ngerokok minum air putih terus tidur lagi atau ga ngobrol bentar sama Ncuy kalo dia juga bangun.

Lama-lama mata ini letih juga (gaya nih bahasa gw). Pokoknya gw tidur agak pulas setelah lewat dari kota Semarang, Jawa Tengah. Gw berhenti di Semarang tuh jam 22.54 WIB dan setelah itu gw tidur dan masih berharap kalo Matarmaja ini bakal sampai di Malang jam 06.05 WIB seperti yang tertuliskan di tiket yang gw jaga baik-baik selama gw berada di kereta tua ini.

To be continued to the next post………

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Latihan Pertama

Minggu sore, gw akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan komunitas PARKOUR Bogor. wahahaha apalagi nih parkour? oke parkour adalah : "sebuah seni bergerak dan metode latihan natural yang bertujuan untuk membantu manusia bergerak dengan cepat, efisien, dan halus dengan hanya menggunakan tubuhnya untuk beradaptasi terhadap rintangan yang ada di lingkungannya.” dikutip dari bukansekedarloncatloncat.tumblr.com mungkin sebagian teman teman ada yang belum tau tentang parkour atau ga tau parkour itu kaya gimana. pernah nonton film "Yamakasi" atau "D-13" ga? tuh yang kaya gitu tu parkour teh. kalo ga pernah nonton filmya buka youtube aja deh yaa. hahaha dari film dan video yang bisa teman teman cari dan akhirnya

Pendakian Gn. Gede, 18 - 20 Mei 2012

Ketua Pendakian              : Tegar P.K /Lele/SS-880337-BK Anggota Pendakian         : 1. Prima (Donny)/Estep/SS-880329-BK 2. Denny R/Tonkhi/SS-880331 3. Amanda (Manda)/Lunidus/SS-880332-BK 4. Fadlia Pari/Docin/SS-880333-BK 5. Adam D/Kadek/SS-880339-BK 6. Iftikhor F (Ihor)/Mili/SS-880341-LF Prolog                 Setelah sekian lama gw ga pernah naik bareng sama anak anak PPRPG (Perhimpunan Penempuh Rimba Pendaki Gunung) Satya Soedirman, organisasi gw saat gw pas SMA, tepatnya tanggal 18 – 20 Mei 2012 kemarin kita naik bareng lagi. Heeem terakhir naik sama mereka, khususnya anak anak angkatan gw (Banyu Karikil) itu pas kita bareng bareng ke Ciremai. Tepatnya 2 tahun yang lalu. Sayaangnya, pendakian kali ini kita belum di kasih kesempatan untuk mendaki gunung seangkatan lagi. Meskipun ga seangkatan, seengganya pendakian kali ini bisa menjadikan obat penawar rindu gw nn’ Gw                                  Doni Deni                          Adam

Senandung Pagi Dewi Anjani

Halo semua, sudah lama ternyata gw engga nulis kelanjutan cerita pas kegiatan di Lombok, tepatnya desa Sajang. Tulisan ini bukan sambungan dari cerita sebelumnya. Ini merupakan cerita kunjungan gw, Ginanjar, Kak Lola, Apel, Kang Iqbal dan Zahra ke Lombok dalam rangka jadi relawan. Jadi relawan? Mungkin beberapa orang bakalan berpikir ko baru sekarang jadi relawannya? Yaa untuk berbuat baik engga ada kata telat toh. Selain itu, kita ke sini untuk membantu mengembalikan semangat anak-anak dan petani kopi di Desa Sajang ini. Sedikit cerita, jadi tim kami ini sudah berada di Lombok dari tanggal 16 dan memulai kegiatan tanggal 17 ke Lombok Utara dan selanjutnya kegiatan kami berfokus di daerah Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Gw sendiri baru merapat ke Lombok pada tanggal 22 Oktober 2018. Oh iya tim kami ini ada Ginanjar, mahasiswa dari Jogja yang sebelumnya memang sudah jadi relawan di Lombok ini ketika gempa mengguncang. Ada juga sepasang suami istri yang sangat mengisnpir